Connect With Us

Pertamina Bakal Kurangi Subsidi Elpiji 3 Kg

EYD | Jumat, 8 April 2016 | 09:34

Hiswana Migas dan Pertamina Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kg (Wahyu / TangerangNews)

TANGERANG – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengurangi subsidi untuk Liquid Petroleum Gas (LPG) alias elpiji secara bertahap mulai 2017. PT Pertamina (Persero) siap melaksanakan kebijakan ini.

Elpiji produksi Pertamina yang selama ini diberi subdisi adalah ukuran 3 kilogram (kg). Setelah subsidi dicabut, maka harga elpiji 3 kg akan sesuai dengan keekonomian.

Subsidi elpiji tersebut nantinya dialihkan untuk pembangunan jaringan gas bumi (jargas) rumah tangga. Pertamina saat ini juga sedang dalam pengembangan jargas.

"Kita dalam posisi yang saling komplementer karena kita juga punya banyak jargas. Total pelanggan jargas kita sampai akhir tahun kemarin itu sudah 71.000 sambungan di Prabumulih, Sengkang, dan Jambi," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

Wianda mengatakan, apa pun kebijakan pemerintah nanti setelah pencabutan subsidi elpiji, Pertamina sudah siap. "Apakah itu pilihannya elpiji atau jargas, sebenarnya kita siap. Dari jargas kita juga lebih siap karena kita yang mengelola sumber-sumber gasnya," ungkapnya.

Menurutnya, pengembangan jargas lebih mudah ketimbang elpiji. Yang perlu dilakukan Pertamina dalah fokus ke pembangunan pipa distribusi dan pipa komplementer.

"Tapi sebelum ada infrastruktur itu, masyarakat nggak bisa berhenti masak dong, jadi pakai elpiji. Nanti tergantung kebijakan Pemprov dan Pemda setempat dengan adanya sumber-sumber gas di sekitar daerah," jelasnya.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill