Connect With Us

PSBB Berlaku, MUI: Silaturahmi Tak Harus Mudik

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 13 April 2020 | 15:10

| Dibaca : 1164

Ilustrasi Mudik. (@TangerangNews2020 / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganjurkan masyarakat agar tidak mudik lebaran untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman, mengingat kondisi pandemi Corona (COVID-19). Apalagi saat ini tengah berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Dilansir dari Detik, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan mudik sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia saat Lebaran untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan keluaraga.

Namun saat ini pemerintah sudah menetapkan PSBB di Jabodetabek. Meski demikian, silaturhami tetap bisa berjalan meski tanpa mudik dengan memanfaatkan teknologi daring (online).

“Silaturahmi memang sangat dianjurkan. Tapi silaturahim bisa dilakukan online, tanpa harus ketemu secara fisik," imbuhnya, Senin (13/4/2020).

Masyarakat juga diingatkan agar tidak keluar rumah, terutama bagi mereka yang berada di zona merah seperti di Jadodetabek. Karena dikhawatirkan akan menularkan virus kepad orang lain di luar kawasan tersebut.

"Kalau anda di kawasan merah, penyebaran, maka jangan keluar dari kawasan merah itu, yang jika anda keluar akan potensial menularkan kepada saudara-saudara kita. Jangan sampai niat baik dilakukan dengan cara yang salah, berdampak buruk bagi silaturahmi," kata Asrorun.

Asrorun menjelaskan, jangan karena ada pembatasan sosial, ibadah jadi tidak berjalan. Namun tetap dilakukan dengan menjadikan kebiasaan ibadah yang baru.

“Harus bisa beradaptasi dengan situasi. Pencegahan wabah COVID-19 bukan dengan meniadakan ibadah, tapi menyelenggarakan ibadah dengan kebiasaan baru karena ada situasi dan kondisi yang baru," pungkasnya. (RAZ/RAC)

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

KOTA TANGERANG
Besok Rachel Vennya Disidang di PN Tangerang

Besok Rachel Vennya Disidang di PN Tangerang

Kamis, 9 Desember 2021 | 19:46

TANGERANGNEWS.com-Selebriti instagram (selebgram) Rachel Vennya, rencananya akan menjalani sidang perdananya

TOKOH
Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:23

TANGERANGNEWS.com–Indonesia Police Watch (IPW) menilai tindakan oknum polisi Brigadir NP yang membanting mahasiswa saat pengamanan unjuk rasa rasa di depan Kantor Bupati Tangerang, Banten

SPORT
Laga Dramatis, Persita Tangerang Takluk 2-3 dari PSIS Semarang

Laga Dramatis, Persita Tangerang Takluk 2-3 dari PSIS Semarang

Rabu, 8 Desember 2021 | 08:33

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang kembali menelan pil pahit setelah kalah kontra PSIS Semarang 2-3 dalam lanjutan laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin