Connect With Us

PSBB Berlaku, MUI: Silaturahmi Tak Harus Mudik

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 13 April 2020 | 15:10

| Dibaca : 1164

Ilustrasi Mudik. (@TangerangNews2020 / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganjurkan masyarakat agar tidak mudik lebaran untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman, mengingat kondisi pandemi Corona (COVID-19). Apalagi saat ini tengah berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Dilansir dari Detik, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan mudik sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia saat Lebaran untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan keluaraga.

Namun saat ini pemerintah sudah menetapkan PSBB di Jabodetabek. Meski demikian, silaturhami tetap bisa berjalan meski tanpa mudik dengan memanfaatkan teknologi daring (online).

“Silaturahmi memang sangat dianjurkan. Tapi silaturahim bisa dilakukan online, tanpa harus ketemu secara fisik," imbuhnya, Senin (13/4/2020).

Masyarakat juga diingatkan agar tidak keluar rumah, terutama bagi mereka yang berada di zona merah seperti di Jadodetabek. Karena dikhawatirkan akan menularkan virus kepad orang lain di luar kawasan tersebut.

"Kalau anda di kawasan merah, penyebaran, maka jangan keluar dari kawasan merah itu, yang jika anda keluar akan potensial menularkan kepada saudara-saudara kita. Jangan sampai niat baik dilakukan dengan cara yang salah, berdampak buruk bagi silaturahmi," kata Asrorun.

Asrorun menjelaskan, jangan karena ada pembatasan sosial, ibadah jadi tidak berjalan. Namun tetap dilakukan dengan menjadikan kebiasaan ibadah yang baru.

“Harus bisa beradaptasi dengan situasi. Pencegahan wabah COVID-19 bukan dengan meniadakan ibadah, tapi menyelenggarakan ibadah dengan kebiasaan baru karena ada situasi dan kondisi yang baru," pungkasnya. (RAZ/RAC)

SPORT
Wow, Ini Bonus Greysia Polii & Apriyani Rahayu Usai Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Wow, Ini Bonus Greysia Polii & Apriyani Rahayu Usai Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:46

TANGERANGNEWS.com-Atlet Greysia Polii & Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas bulu tangkis untuk ganda putri dalam Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza, pada Senin 2 Agustus 2021

HIBURAN
Luna Maya Beri Sinyal Sudah Punya Pacar Baru

Luna Maya Beri Sinyal Sudah Punya Pacar Baru

Jumat, 30 Juli 2021 | 10:19

TANGERANGNEWS.com-Luna Maya memberi sinyal bahwa dirinya sudah mempunyai pacar baru, setelah cukup lama menjomblo usai putus dari Reino Barack

TANGSEL
Pengusaha Pariwisata di Tangsel Bentangkan Bendera Putih

Pengusaha Pariwisata di Tangsel Bentangkan Bendera Putih

Kamis, 5 Agustus 2021 | 20:10

TANGERANGNEWS.com-Geliat bisnis kepariwisataan di Kota Tangerang Selatan kini semakin lesu. Derita itu pun semakin bertambah kala Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

WISATA
Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab