Connect With Us

Pilkada 2020, PB IDI: Harus Ada Buku Protokol Kesehatan Nyoblos

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 10 Juni 2020 | 11:27

| Dibaca : 268

Ilustrasi Pilkada. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pilkada serentak tahun 2020 ini rencananya akan digelar pada 9 Desember di tengah pandemi COVID-19.

Melihat situasi tersebut, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyarankan adanya buku pedoman protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Protokol tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah yang hendak menggelar pilkada dengan tetap mencegah penularan COVID-19.

"Protokol kesehatan harus diterjemahkan dalam sebuah buku pedoman. Apakah nyoblosnya jaraknya satu meter atau satu setengah meter," kata Wakil Ketua PB IDI Slamet Budiarto seperti yang dilansir dari Kompas, Rabu (10/6/2020).

Saran dari Slamet ini disampaikan dalam acara webinar bertajuk 'Pilkada Aman Covid-19 dan Demokratis,' Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada sangat penting. Contohnya para petugas pelaksana Pilkada harus dilengkapi alat pelindung di bagian wajah.

Diharapkan protokol ini pun segera disosialiasasikan ke masyarakat supaya bisa memahaminya. "Lalu sosialisasi, karena faktor masyarakat sangat penting" ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mengatakan pihaknya siap mendukung pelaksanaan Pilkada 2020, dengan memberi penilaian dan saran bagi perumusan protokol kesehatan yang diperlukan.

"PB IDI siap membantu sepenuhnya. Di masing-masing wilayah, kabupaten dan kota, kami memiliki jaring-jaring wilayah dan cabang," kata Daeng melalui keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Selain itu, dirinya pun bersedia membantu pengawasan kesehatan pada masyarakat dan peserta pilkada, karena pencegahan COVID-19 merupakan tanggung jawab bersama. (RAZ/RAC)

PROPERTI
Kementerian PUPR Pelajari Proyek Township BSD City

Kementerian PUPR Pelajari Proyek Township BSD City

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:17

TANGERANGNEWS.com-Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempelajari pembangunan pusat pertumbuhan kota baru proyek township BSD City Tangerang, Banten

SPORT
Bertanding Besok, Persita Sudah Pegang Kelemahan Arema FC

Bertanding Besok, Persita Sudah Pegang Kelemahan Arema FC

Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:15

TANGERANGNEWS.com-Sukses mengamankan poin maksimal di laga kandang pekan kedelapan melawan Persikabo pekan lalu, kini Persita tancap gas untuk kembali fokus di laga pekan kesembilan

OPINI
Antara Pandora Papers, UU HPP & Tax Amnesty II: Pajak Disayang, Pajak Dikemplang

Antara Pandora Papers, UU HPP & Tax Amnesty II: Pajak Disayang, Pajak Dikemplang

Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:47

TANGERANGNEWS.com-Mantan Presiden Amerika yang juga pengusaha, Donald Trump, menyatakan, orang kaya yang bisa menggelapkan harta agar bebas dari pajak adalah smart people

TEKNO
Facebook Berencana Ganti Nama, Gegara Sering Digugat?

Facebook Berencana Ganti Nama, Gegara Sering Digugat?

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:12

TANGERANGNEWS.com-Dalam waktu dekat, media sosial Facebook berencana mengganti nama. Banyak alasan yang memicu penggantian nama Facebook ini

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin