Connect With Us

Benarkah Bakal Ada Pajak Sepeda? Begini Kata Kemenhub

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 30 Juni 2020 | 10:32

| Dibaca : 411

Ilustrasi Bersepeda (Istimewa / TangerangNews)

 

TANGERANGNEWS.com-Media sosial sempat rampai dengan adanya isu pemerintah akan memberlakukan pajak terhadap pengguna sepeda. Hal itu lantaran tengah maraknya pengguna sepeda belakangan ini.

Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan membantahnya. Wacana regulasi yang tengah disiapkan bukanlah terkait pajak sepeda, melainkan keselamatan para pesepeda.

"Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawat seperti yang dilansir dari JPNN, Selasa (30/6/2020).

Adita menjelaskan memang ada peningkatan jumlah pesepeda  dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena itu, perlu diatur standar keselamatan dalam bersepeda.

"Diatur seperti harus ada alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda,” jelasnya.

Sepeda sendiri di kategorikan sebagai kendaran tidak bermotor seperti yang tertuang dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Okeh karenanya, pengaturannya dapat dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pada prinsipnya, animo masyarakat yang sangat tinggi harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda. Sehingga Kemenhub sangat setuju adanya aturan penggunaan sepeda.

"Kami akan mendorong pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para peseda ini di wilayahnya masing-masing,” tandasnya.

KAB. TANGERANG
Warga Rajeg Jadi Korban Begal di Tangerang

Warga Rajeg Jadi Korban Begal di Tangerang

Senin, 25 Januari 2021 | 13:54

TANGERANGNEWS.com-Erza Kurniawan Kumila warga Perumahan Nuansa

KOTA TANGERANG
Kecelakaan Terjadi di Selapajang Tangerang, Korban Tewas Terlindas Truk Tanah

Kecelakaan Terjadi di Selapajang Tangerang, Korban Tewas Terlindas Truk Tanah

Selasa, 26 Januari 2021 | 01:06

Peristiwa kecelakaan kembali terjadi di Pondok Kost Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang pada Selasa (26/1/2021) dini hari.

NASIONAL
Kemungkinan Ada Efek Samping Vaksin COVID-19, Kemenkes: Jangan Takut

Kemungkinan Ada Efek Samping Vaksin COVID-19, Kemenkes: Jangan Takut

Rabu, 13 Januari 2021 | 13:19

TANGERANGNEWS.com-Vaksinasi COVID-19 di Indonesia akan dimulai pada hari

TEKNO
Yudi Syahputra Bagikan Tips Konten Kreator Tetap Kreatif saat Pandemi

Yudi Syahputra Bagikan Tips Konten Kreator Tetap Kreatif saat Pandemi

Kamis, 21 Januari 2021 | 15:55

TANGERANGNEWS.com-Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah seharusnya tidak mengalangi kreatifitas, terutama

"Jika masa lalu tidak berjalan sesuai yang Anda inginkan, bukan berarti masa depan bisa menjadi lebih baik dari yang selalu Anda bayangkan"

@TangerangNews