Connect With Us

Bank Bukopin Salurkan KUR ke UMKM Pariwisata Terdampak COVID-19

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 23 Agustus 2020 | 11:43

| Dibaca : 387

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono (Kiri). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 yang melanda lebih dari empat bulan telah berdampak langsung pada industri pariwisata. Dirambah aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar, membuat industri pariwisata menjadi lesu. Hal ini tentu saja membuat pelaku Usaha Mikro Kecil Memengah (UMKM) pariwisata terpukul.

Oleh karena itu, untuk menstimulus UMKM pariwisata, Bank Bukopin menyalurkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini untuk memancing bergeraknya kembali industri yang juga menjadi andalan Indonesia.

Penyaluran KUR ini merupakan partisipasi Bank Bukopin dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Desa Budaya Kertalangu, Bali, Sabtu (22/8/2020).

Bank Bukopin ditunjuk menjadi salah satu dari 10 bank yang ditunjuk Kemenko Perekonomian dalam Penyaluran KUR di sektor UMKM.

Kegiatan yang dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan ini, diselenggrakan sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat dan mengembangkan pelaku UMKM di sektor Pariwisata melalui penyaluran KUR.

“Pelaku UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif, salah satunya Pariwisata,” ujar Airlangga.

Bank Bukopin sendiri telah ditunjuk oleh Pemerintah sebagai penyalur KUR sejak tahun 2014. Sampai dengan saat ini nilai penyaluran KUR Bank Bukopin mencapai Rp 1,8 triliun, dengan total pelaku UMKM yang menerima pembiayaan sebanyak 12.144 Nasabah.

“Penyaluran KUR dalam kurun waktu tersebut terbilang cukup sukses, salah satunya yang Bank Bukopin salurkan pada tahun 2019. Mengacu pada laporan keuangan Perseroan, Bank Bukopin berhasil melampaui target pencpaian penyaluran KUR di tahun tersebut hingga 104%,” ujar Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono.

Sebagai Bank yang memiliki salah satu fokus bisnis pada sektor UMKM dan Koperasi, Bank Bukopin hadir dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan menyalurkan KUR kepada lima pelaku UMKM di Denpasar.

Selain pembiayaan KUR, Bank Bukopin juga menyerahkan device kepada nasabah setianya yang merupakan pelaku UMKM, berupa Tablet PC dan Printer Termal.

Penyerahan tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Bukopin terhadap konsumen, dan bentuk dukungan Bukopin terhadap transformasi digital oleh pelaku UMKM.

“Sebagai bagian dari transformasi, kita mendukung penuh para pelaku UMKM dengan perangkat tersebut, sejalan dengan transformasi digital yang telah kita lakukan sejak 2017,” ungkap Rivan. (RAZ/RAC)

MANCANEGARA
Gara-gara Game Online, Pemuda Ini Bunuh Satu Keluarga

Gara-gara Game Online, Pemuda Ini Bunuh Satu Keluarga

Senin, 2 Agustus 2021 | 10:15

TANGERANGNEWS.com-Salah satu peristiwa yang mengejutkan kembali datang dari Korea Selatan. Tepatnya pada tanggal 23 Maret 2021, telah terjadi pembunuhan satu keluarga yang terdiri dari ibu berusia 60 tahun

PROPERTI
Milenial Mau Nyicil Rumah? Perhatikan Hal Ini

Milenial Mau Nyicil Rumah? Perhatikan Hal Ini

Jumat, 16 Juli 2021 | 12:17

TANGERANGNEWS.com-Memiliki hunian pribadi adalah impian bagi setiap orang, tak terkecuali generasi milenial. Harga properti yang kian naik dari tahun ke tahun terkadang menjadi pertimbangan sulit

NASIONAL
Lanjut, PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus

Lanjut, PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus

Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:50

TANGERANGNEWS.com-Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) baik Level 3 maupun 4 resmi diperpanjang

BANDARA
Penumpang Pesawat Kini Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Penumpang Pesawat Kini Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Senin, 2 Agustus 2021 | 10:33

TANGERANGNEWS.com-Bandara PT Angkasa Pura II (Persero) mewajibkan calon penumpang pesawat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan, mulai Minggu 1 Agustus 2021

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab