Connect With Us

Kipina, TK Dengan Kurikulum Finlandia Segera Dibangun

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 28 Oktober 2020 | 14:59

Tampak depan se unit gedung Kipina Worldwide. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kipina Worldwide bekerja sama dengan Yayasan Akademi Anak Indonesia (YAAI) membangun beberapa Taman Kanak-kanak di Indonesia dengan kekayaan kurikulum Finlandia.

Diketahui, Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Rencananya, Kipina akan membangun lebih dari 10 cabang di seluruh Indonesia dalam kurun waktu 4 tahun kedepan dan menerapkan kurikulum negara tersebut.

CEO Kipina Indonesia Sudino Lim mengatakan, pihaknya ingin menciptakan sekolah lain dari yang lain, dengan sistem pedagogi yang sudah teruji, standar internasional dan program kerja jangka panjang.

Kipinä memungkinkan pihaknya untuk mempunyai otonomi terhadap materi pembelajaran, meningkatkan sumber daya guru dan pendidik, dan menghargai kearifan local.

“Selama masa persiapan ini kami bekerja sama dengan erat untuk memastikan kesiapan anak menyongsong lingkungan Sekolah Dasar dan Menengah di Indonesia,”ujar Lim, Rabu (28/10/2020).

Sudino yang juga Pimpinan YAAI ini menambahkan, salah satu alasan mengapa dirinya memilih dan sependapat dengan Kipinä adalah komitmen mereka terhadap lingkungan yang super aman, super bersih dan super higenis.

Seluruh area disiapkan untuk mencapai standar kebersihan dan sterilisasi internasional dengan penggunaan perabotan kayu alam dan pemantauan suhu tubuh bagi murid serta karyawan dua kali sehari.

“Selain itu juga menerapkan Sistem Sterilisasi Sinar UV setiap 24 jam. Hal ini akan terasa semakin penting di masa pandemik COVID-19 seperti ini,” tambahnya.

Kipinä juga mempunyai beberapa jaringan sekolah dan kerjasama di 14 negara, terutama di wilayah Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa Timur. 

Tampak dalam se unit gedung Kipina Worldwide.

Sebelum di Indonesia, Kipina sudah membuka cabang sekolah di Vietnam pada bulan Agustus 2020, bekerja sama dengan ILA. “Nantinya Kipinä berencana akan berekspansi ke India, negara-negara ASEAN dan China,” jelas Sudino.

Untuk meningkatkan SDM, Kipinä bermitra dengan Häme University of Applied Science akan menyediakan pelatihan bersertifikasi bagi para guru dengan kurikulum pedagogi Finlandia, melalui program khusus yang diperuntukkan bagi guru-guru asing yang bekerja sama dengan Kipinä.

Sementara itu, YAAI akan bekerja sama dengan beberapa pengembang property untuk membangun kampus-kampus baru. Kampus pertama telah selesai dibangun di Gading Serpong yang saat ini telah membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2021/2022. Dua kampus pertama akan didukung penuh oleh PT Summarecon Agung Tbk.

Kampus ini mempunyai kapasitas tampung 250 murid. Kampus kedua sedang dalam pembangunan di Kelapa Gading, di sebelah Mall Kelapa Gading (MKG) dan akan dibuka di bulan Juli 2021. YAAI berencana akan membangun TK yang terhubung dengan pusat perbelanjaan, komplek perumahan dan proyek-proyek terpadu, dimulai dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Managing Director Kipinä Kieran Galvin mengatakan Kipinä Indonesia akan hadir di masyarakat dengan daya beli menengah sehingga dapat dijangkau oleh banyak lapisan masyarakat. Walaupun kebanyakan sekolah internasional menargetkan pada kalangan WNA atau masyarakat ekonomi mapan.

“Kami lebih memilih YAAI karena mereka mempunyai komitmen untuk membawa perubahan baik pada system pendidikan di segmen yang lebih luas,” ujarnya.

Kipinä menggunakan pendekatan kurikulum Finlandia berdasarkan National Core Curriculum for Early Childhood Education and Care, dengan tambahan-tambahan elemen yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia.

“Hal ini mencakup Focused Instruction Methodolgy (metodologi instruksi terfokus), 21st Century Skills (keterampilan abad 21) dan Executive Functioning Skill (keterampilan fungsi eksekutif) bagi anak-anak,” ungkap Galvin. (RAZ/RAC)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill