Connect With Us

Enggak Cuma Matahari yang Tutup, Satu Persatu Ritel Lain Juga, Ini Dia Biang Keroknya!

Redaksi | Rabu, 28 April 2021 | 11:23

| Dibaca : 52949

Giant Pamulang yang tutup. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Sektor retail pada kuartal 1 2021 tidak hanya berdampak pada PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang tahun ini akan menutup lagi 13 gerainya. 

Satu per satu usaha ritel di Indonesia mulai kehabisan napas. Biang keroknya pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) perusahaan pengelola gerai ritel Giant misalnya, menutup gerainya di Pamulang, Tangerang Selatan, Depok (Jawa Barat) dan Kalibata (Jakarta Selatan). 

Selain Giant, emiten toko ritel lainnya yakni pengelola jaringan ritel Centro, PT Tozy Sentosa yang menutup gerai di Bintaro (Tangerang Selatan) dan Plaza Ambarrukmo (Yogyakarta).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, kemungkinan ada satu toko ritel tutup setiap harinya. Permintaan yang masih lemah menjadi penyebab pengusaha ritel sulit menanggung beban.

"Setiap hari kami hitung dari sisi asosiasi, hampir satu toko tutup setiap hari di seluruh Indonesia termasuk di Bali. Kalau kita lihat tiga bulan ini, sudah ada 90 toko yang tutup termasuk minimarket, supermarket, department store, maupun juga tenant," paparnya, seperti dikutip dari CNBC.

Industri ritel memang sangat terdampak oleh pandemi. Ritel adalah usaha yang mengedepankan pelayanan langsung, bertatap muka dengan konsumen. 

Selain menjual barang, usaha ritel juga menawarkan pelayanan dan interaksi antar-manusia.

Ini yang susah. Pada masa pandemi, yang namanya interaksi dan kontak antar-manusia justru harus ditekan seminimal mungkin. (RED/RAC)

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

OPINI
Setop Propaganda Seks Bebas di Kampus Berkedok Anti-Kekerasan Seksual!

Setop Propaganda Seks Bebas di Kampus Berkedok Anti-Kekerasan Seksual!

Senin, 15 November 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Seorang bandar narkoba mendatangi kepala sekolah SMA dan minta kepala sekolah melarang penjualan semua jenis narkoba apa pun kepada para siswa. Tentu seruan ini bagus dan disambut baik oleh kepala sekolah

SPORT
Raihan Tiga Poin Jadi Pembuktian Skuad Pendekar Cisadane

Raihan Tiga Poin Jadi Pembuktian Skuad Pendekar Cisadane

Senin, 29 November 2021 | 16:06

TANGERANGNEWS.com – Kemenangan dengan menggondol tiga poin yang diraih Persita Tangerang saat kontra PSS Sleman di Stadion Manahan

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin