Connect With Us

Lebaran 2021, Tol Tangerang-Merak Diawasi 33 Mobil Patroli 

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 3 Mei 2021 | 16:50

| Dibaca : 497

Group CEO Djap Tet Fa. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Dalam rangka menghadapi momen Lebaran 2021, ASTRA Infra mengkampanyekan silaturahmi sehat. 

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan kebijakan larangan mudik Lebaran mulai 6 Mei-17 Mei 2021. 

Kebijakan ini akan berdampak pada pergerakan masyarakat antar wilayah namun tidak untuk angkutan logistik dan kelompok kendaraan yang tidak termasuk dalam pembatasan pergerakan. 

Kondisi ini diperkirakan akan menimbulkan fenomena baru di mana masyarakat mudik lebih awal atau masyarakat mengisi momen Lebaran dengan aktivitas silaturahmi di dalam wilayah aglomerasi. 

Group CEO Djap Tet Fa mengatakan, di tengah kondisi yang menantang ini ASTRA Infra tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, terus berinovasi dan melebarkan portofolio bisnisnya. 

Untuk performance kuartal I 2021, konsesi jalan tol ASTRA Infra Grup mengalami kenaikan pendapatan sebesar 8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Pendapatan ini sudah termasuk kontribusi dari jalan tol Kebon Jeruk-Ulujami sepanjang 7,7 km yang baru diakusisi di November 2020. 

“Untuk tahun ini, ASTRA Infra berkeyakinan trafik akan lebih baik dibandingkan tahun lalu,” ujarnya dalam virtual media gathering, Senin (3/5/2021). 

CEO Toll Road Business Group Kris Ade Sudiyono memprediksi fenomena eventual windfall traffic yang biasanya terjadi selama Lebaran di ruas-ruas jalan tol konektivitas, diprediksi tidak akan terjadi. 

"Sedangkan di ruas tol yang ada di wilayah aglomerasi diprediksi akan stabil, seperti halnya arus lalu lintas di periode libur seperti biasanya. Saat ini ASTRA Infra memiliki tujuh ruas 

jalan tol yang merupakan kombinasi antara tol yang ada di aglomerasi tertentu dan jalan tol konektivitas," katanya. 

Pada Lebaran tahun ini ASTRA Infra mengkampanyekan Silaturahmi Sehat, yang merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan di Ruas Tol Tangerang-Merak, Tol Kunciran-Serpong, Tol Kebon Jeruk-Ulujami, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, Tol Surabaya-Mojokerto untuk memastikan kesiapaninfrastruktur, fasilitas dan layanan operasional guna memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol selama momen lebaran. 

Kesiapan layanan infrastruktur dilakukan dengan memastikan kondisi jalan tol agar siap dilalui, jalan akses menuju gerbang tol lancar, bersih dan indah. 

Tol Tangerang-Merak.

Untuk fasilitas layanan pendukung, selain dipastikan kondisinya prima juga dilakukan peningkatan atau penambahan fasilitas seperti rejuvenate Rest Area KM 130 ‘Resta Titirah Kahirupan KM 130’ yang merupakan salah satu rest area tipe B yang dikelola langsung oleh ASTRA Tol Cipali. 

Kini rest area ini memiliki keunikan dengan adanya tumbuhan endemik Benua Afrika yaitu pohon Baobab sebagai perlambangan filosofi "Tree of Life" yang turut didukung oleh desain berkonsep Savanna Ambience. 

Dengan wajah baru rest area KM 130A Tol Cipali ini, diharapkan dapat menambah kenyamanan pengguna jalan sekaligus menjadi destinasi wisata. Selain itu, pembangunan masjid Al Firdausy di Rest Area KM 86B tol Cipali juga sebagai layanan dukungan untuk kenyamanan beribadah. 

Sedangkan untuk peningkatan keamanan telah dilakukan penambahan Closed-Circuit Television (CCTV) hingga berjumlah 2.035, penyedian fasilitas pengecekan tekanan ban di 14 titik Rest Area, serta pengoptimalisasian 200 Warning Light. 

Untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama larangan mudik Lebaran, ASTRA Infra siapkan layanan operasional termasuk armada layanan lalu lintas, layanan transaksi dan petugas operasional. 

Saat ini, total Armada Layanan Lalu Lintas yang dipersiapkan adalah 33 mobil patroli, 9 unit rescue, 18 ambulance dan 26 Patroli Jalan Raya (PJR). 

Seluruh petugas operasional tol ASTRA Infra diwajibkan untuk menjalankan protokol kesehatan dengan ketat walaupun sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

ASTRA Infra juga berupaya menjaga agar pengguna jalan tol tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19 dengan menerapkan inovasi struk digital di Ruas Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan dan Tol Jombang-Mojokerto. 

Kris mengatakan, inovasi ini diharapkan menumbuhkan budaya baru bagi masyarakat untuk membiasakan diri dengan digitalisasi sebagai salah satu upaya mitigasi penyebaran Covid-19. 

"Untuk mendukung silaturahmi sehat pengguna jalan tol saat Lebaran, ASTRA juga telah menyediakan 14 rest area tipe A dan 12 rest area tipe B yang ramah, aman, nyaman dan tentunya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," pungkasnya. (RED/RAC)

WISATA
Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Selasa, 6 April 2021 | 12:54

TANGERANGNEWS.com-Destinasi wisata teranyar Kota Tangerang di Ecofarm

TANGSEL
Diguyur Hujan Deras, Pohon & Tiang Listrik di Pamulang Roboh

Diguyur Hujan Deras, Pohon & Tiang Listrik di Pamulang Roboh

Kamis, 6 Mei 2021 | 18:52

TANGERANGNEWS.com-Pohon beringin berukuran besar yang terletak tepat di Danau Sasak Tinggi, Jalan Pajajaran, Pamulang, Tangerang Selatan, roboh hingga menutupi jalan, Kamis (6/5/2021)

AYO! TANGERANG CERDAS
Buka Kantor Baru, Traveloka Diharapkan Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata saat Pandemi

Buka Kantor Baru, Traveloka Diharapkan Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata saat Pandemi

Senin, 22 Maret 2021 | 10:39

TANGERANGNEWS.com-Traveloka yang telah membuka kantor pusat baru

NASIONAL
Perhatikan! Ini 31 Titik Pengetatan Larangan Mudik 2021 di Jabodetabek

Perhatikan! Ini 31 Titik Pengetatan Larangan Mudik 2021 di Jabodetabek

Kamis, 6 Mei 2021 | 15:22

TANGERANGNEWS.com-Mulai hari ini, Kamis (6/5/2021), larangan mudik

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab