Connect With Us

Menko Airlangga Apresiasi Terobosan Pemda Kalsel, Bantu Isoman Covid-19 dengan Hasil Panen Petani

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 21 Agustus 2021 | 20:18

| Dibaca : 236

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memegang buah melon di perkebunan. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Selama pandemi tahun 2020-2021, sektor pertanian tercatat mampu bertahan dan tumbuh positif. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada tahun 2020 tercatat sebesar 1,75% dan pada Triwulan I tahun 2021 sebesar 2,95%.

Dalam rangkaian kunjungannya di Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/8), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau pertanian komoditas tanaman hortikultura dan menyempatkan diri untuk berdialog dengan para petani.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memegang buah melon di perkebunan bersama jajaranya.

 

Menko Airlangga juga ikut memanen hasil pertanian berupa cabai tumpang sari dan melon dengan para petani tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Rahayu dari Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang dan luas lahan tanaman sebesar 28 Ha.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memegang buah melon di perkebunan bersama jajaranya.

 

Semua hasil panen dari petani ini dibeli oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan dengan harga di atas harga pasar untuk membantu pemasaran hasil panen para petani, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memegang buah melon di perkebunan bersama jajaranya.

 

Hasil panen yang telah dibeli Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan tersebut didistribusikan ke masyarakat yang tengah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) Covid-19. “Saya sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan karena tanggap dan betul-betul hadir membantu petani. Apalagi, hasil panennya pun disumbangkan kepada masyarakat yang sedang Isoman, yang sedang berjuang untuk pulih dan membutuhkan asupan gizi yang cukup,” terang Menko Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memetik hasil panen cabai dengan petani kebun.

 

Menko Airlangga pun terus mendorong agar penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi salah satu perhatian utama Pemerintah Daerah setempat. Juga ditegaskan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor esensial untuk menjaga bangsa dan negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menunjukan hasil panen cabai.

 

“Terutama di masa pandemi seperti ini, saya berharap agar program-program di sektor pertanian terus dioptimalkan implementasinya, terutama dalam hal menyejahterakan petani,” tutur Airlangga.

	Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berswa foto bersama dengan petani perkebunan.

 

Menko Perekonomian yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) meyakini bahwa dengan sinergi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, dan Masyarakat, Indonesia bisa segera keluar dari pandemi Covid-19 dan sekaligus memulihkan ekonomi.

Kegiatan dialog dengan para petani ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Menko Perekonomian ke Kalimantan Selatan. Sebelumnya Menko Perekonomian juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Hasanuddin, meninjau fasilitas isolasi terpusat di Balai Pelatihan Kesehatan Kalimantan Selatan, meninjau desa percontohan penerapan protokol kesehatan di Citra Garden City Sungai Ulin, serta memimpin rapat koordinasi rapat koordinasi pengendalian dan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan.

TEKNO
Samsung Galaxy A23 5G Siap Meluncur, Simak Spesifikasinya

Samsung Galaxy A23 5G Siap Meluncur, Simak Spesifikasinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:12

TANGERANGNEWS.com-Samsung Galaxy A23 5G siap diluncurkan karena telah diumumkan Samsung. Spesifikasi ponsel pintar dari lini Galaxy A23 series yang sangat canggih ini bikin naksir.

NASIONAL
Menko Airlangga Dorong Perusahaan Tingkatkan Mitigasi Risiko Korupsi

Menko Airlangga Dorong Perusahaan Tingkatkan Mitigasi Risiko Korupsi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:51

TANGERANGNEWS.com-Di tengah himpitan gejolak The Perfect Storm yang berpotensi memicu stagflasi dan krisis di berbagai lini, perekonomian nasional tetap mampu bergerak maju serta menunjukkan stabilitas dan resiliensi dalam merespons

TANGSEL
Satpol PP Tangsel Razia Prostitusi Jaring 27 Perempuan dan 16 Lelaki, Open BO Tarifnya Rp800 Ribu

Satpol PP Tangsel Razia Prostitusi Jaring 27 Perempuan dan 16 Lelaki, Open BO Tarifnya Rp800 Ribu

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:13

TANGERANGNEWS.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar razia prostitus di tiga hotel wilayah Tangsel pada Sabtu, 13 Agustus 2022 dini hari.

HIBURAN
Farel Prayoga Sukses Bikin Istana Merdeka 'Bergoyang' Lewat Ojo Dibandingke

Farel Prayoga Sukses Bikin Istana Merdeka 'Bergoyang' Lewat Ojo Dibandingke

Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:54

TANGERANGNEWS.com-Farel Prayoga sukses membuat Istana Merdeka, Jakarta, 'bergoyang' saat acara Upacara Pengibaran Pendera Pusaka, Rabu, 17 Agustus 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill