Connect With Us

Jokowi Minta OJK Atasi Pinjol Bunga Tinggi yang Rugikan Masyarakat

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 11 Oktober 2021 | 16:05

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti banyaknya tindak kejahatan berupa penipuan pinjaman online (pinjol) yang merugikan masyarakat, seiring percepatan pertumbuhan industri pinjol di Indonesia.

"Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjol, yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjaman," kata Jokowi, dalam gelaran pembukaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2021, seperti dilansir dari Kompas, Senin 11 Oktober 2021.

Melihat itu, Jokowi meminta OJK menciptakan ekosistem pinjol yang bertanggung jawab serta memiliki mitigasi risiko kuat. Hal ini juga untuk menjaga momentum pertumbuhan industri jasa keuangan digital.

"Jika kita kawal secara cepat dan tepat, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi raksasa digital, setelah China dan India, dan bisa membawa kita menjadi ekonomi terbesar dunia ketujuh di 2030," ujarnya.

Selain memiliki mitigasi risiko yang kuat, OJK juga diminta untuk mendorong inklusi yang dibarengi dengan literasi keuangan, agar tercipta ekosistem pembiayaan keuangan yang bisa diakses oleh berbagai pihak.

Agar kemajuan inovasi keuangan digital memberikan manfaat kepada masyarakat luas dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif," ucap Jokowi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill