Connect With Us

JK Sebut Banyak Pengeras Suara Masjid Jelek, MUI Akan Evaluasi

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:00

Ilustrasi speaker masjid. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyebut pengeras suara di masjid Indonesia sekitar 75 persennya jelek. Sehingga suaranya cuma dapat didengar tapi tidak dimengerti oleh masyarakat.

"75 persen masjid di Indonesia jelek suaranya. Didengar tidak dimengerti sedangkan waktu kita di masjid itu 80 persen mendengar, 20 persen ibadah atau salat," kata JK mantan wakil presiden ini, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa 19 Oktober 2021.

Terkait dengan kritik yang disampaikan oleh Jusuf Kalla, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengaku akan mengevaluasinya.

"Sebenarnya sudah lama disampaikan, ini juga menjadi bahan evaluasi untuk kita para pengurus masjid agar memperhatikan speaker masjid," ujar Wasekjen MUI M Ziyad, kepada wartawan, seperti dikutip dari detikcom, Rabu 20 Oktober 2021.

Menurutnya, jangan sampai informasi penyampaian, pengajian ceramah atau khotib itu tidak bisa didengar secara baik oleh jamaah atau warga sekitar masjid karena sound sistemnya tidak baik.

Apalagi jika penceramahnya hebat, materi bagus. Tapi gara-gara speakernya tidak bagus, jemaah tidak menyimak apa-apa akibat suara bising speaker.

"Yang berikutnya juga jangan sampai sound system menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga sekitar karena suaranya mendengung atau bising," ujar Ziyad.

Selain itu, Ziyad juga berbicara perlunya bantuan dari masyarakat sekitar untuk perbaikan sound system masjid.

Menurutnya, pengurus masjid dapat bermusyawarah dengan masyarakat untuk memperbarui speaker yang sekiranya sudah tak layak.

"MUI mendukung program dan upaya yang dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat khususnya umat Islam untuk ikut membantu memfasilitasi penyediaan sound system di masjid menjadi lebih baik," terangnya.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill