Connect With Us

Identitas Pasien Pertama Varian Omicron di Indonesia Dirahasiakan 

Tim TangerangNews.com | Jumat, 17 Desember 2021 | 17:06

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. (@TangerangNews / Dok. Humas Kemenkes RI)

TANGERANGNEWS.com-Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyatakan, pemerintah tidak akan membuka identitas pasien pertama yang terkonfirmasi varian baru Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron.  

Pasien tersebut hanya diketahui berinisial N dan merupakan petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta

Menurut Siti Nadia, Kemenkes tidak akan membuka identitas untuk mencegah hal-hal yang kemungkinan bisa merugikan pasien tersebut. “Nanti malah menimbulkan stigma dan diskriminasi kepada yang bersangkutan," kata Nadia, Jumat, 17 Desember 2021, seperti dikutip dari Tempo.

Berikutnya Nadia menuturkan, transmisi lokal atau penyebaran antarwarga juga dipastikan belum terjadi karena petugas kebersihan tersebut sehari-hari tinggal di mess karyawan, sehingga peluang penyebaran meluas sangat kecil.

Pasien berinisial N itu diduga tertular varian Omicron dari pelaku perjalanan luar negeri yang sedang dikarantina di RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Sejauh ini pihak Kemenkes masih menelusuri riwayat kontak erat dan penular pertama varian Omicron tersebut. "Orang yang kontak akan diinformasikan secara langsung dan hendaknya segera melakukan testing," ucap Nadia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa orang Indonesia yang pertama terinfeksi varian Omicron bukan warga ibu kota. "Bukan warga Jakarta informasinya. Informasi sementara yang kami terima bukan warga Jakarta," ujar Riza, Kamis 16 Desember 2021 malam.

Namun Riza juga tak merinci mengenai domisili orang pertama di Indonesia yang terinfeksi Omicron itu. Dia hanya mengatakan Omicron masuk ke Jakarta dibawa oleh warga negara asing (WNA) berdasarkan informasi Kemenkes.

KOTA TANGERANG
Waspada Flu Singapura, Ini Gejala dan Cara Pengobatannya

Waspada Flu Singapura, Ini Gejala dan Cara Pengobatannya

Kamis, 25 April 2024 | 07:13

Flu Singapura atau penyakit kaki, tangan dan mulut alias hand, foot and mouth disease (HFMD), merupakan penyakit menular yang umumnya menyerang anak-anak, meski ada beberapa kasus pada remaja dan dewasa.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill