Connect With Us

Tingkatkan Kewaspadaan Akhir Tahun, Transmisi Lokal Omicron Mengintai

Tim TangerangNews.com | Selasa, 28 Desember 2021 | 21:27

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. (@TangerangNews / Dok. Humas Kemenkes RI)

TANGERANGNEWS.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mengurangi mobilitas pada saat memasuki akhir tahun 2021 terkait ditemukannya transmisi lokal dari varian Omicron.

“Dengan ditemukannya kasus transmisi lokal ini, pemerintah kembali mengingatkan masyarakat untuk mengurangi mobilitas, terutama dalam masa libur Natal dan Tahun Baru ini. Hindari kerumunan dan juga selalu memakai masker,” kata Nadia di Jakarta, Selasa 28 Desember 2021, dikutip dari Antara.

Nadia menuturkan, total kasus Omicron yang sudah ditemukan di Indonesia kini telah mencapai 47 kasus.

Dengan rincian, satu kasus transmisi lokal ditemukan pada seorang laki-laki berusia 37 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri maupun melakukan kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

Sedangkan 46 kasus yang lebih dulu ditemukan merupakan imported cased atau kasus yang datang dari luar negeri.

Kasus-kasus impor tersebut, ujar dia, langsung diketahui sehingga dapat dilakukan karantina untuk mencegah penyebarannya ke luar juga tracing terhadap kontak eratnya.

Namun, adanya temuan satu kasus transmisi lokal menunjukkan bahwa telah terjadinya infeksi di antara anggota masyarakat di satu wilayah, meski tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Menurut Nadia, sebagai bentuk tindak lanjut dari kasus Omicron, pemerintah melakukan proses evakuasi bagi pasien tersebut untuk isolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“Dinas Kesehatan sudah melakukan koordinasi dengan Kemenparekraf dan tempat-tempat riwayat perjalanan pasien. Seperti restoran di SCBD juga tracing ke pihak-pihak yang kontak erat dengan yang bersangkutan,” ujar dia.

Nadia juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus melakukan pemantauan terkait penularan Covid-19 baik di level provinsi maupun kabupaten atau kota.

Karenanya, dia meminta seluruh pemerintah daerah diminta untuk dapat bekerja sama dengan semua pihak untuk terus memantau kondisi. Terutama jika muncul potensi terjadinya kluster akibat Omicron.

“Hal ini untuk mempercepat investigasi dan penilaian apakah terdapat keterkaitan dengan varian baru Omicron atau tidak,” kata Nadia.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill