Connect With Us

Bobol Tangkal Omicron, Transmisi Lokal Terus Meluas di Indonesia

Tim TangerangNews.com | Selasa, 4 Januari 2022 | 10:18

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (@TangerangNews / Youtube Sekretariat Presiden)

TANGERANGNEWS.com–Kasus varian baru Covid-19, Omicron di Tanah Air terus bertambah dan meluas.  Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa jumlah pasien terinfeksi Omicron kini sudah mencapai total 152 orang per 3 Januari 2021. 

"Sebanyak 146 merupakan kasus impor dan enam kasus transmisi lokal," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers terkait PPKM di Jakarta, Senin 3 Januari 2021.

Dari 152 kasus yang masuk ke Indonesia, kata Budi, setengahnya tanpa gejala dan setengahnya lagi sakit ringan. Sebagian besar pasien tidak butuh oksigen dan saturasinya masih di atas 95 persen. 

Ia menyebutkan, sekitar 23 persen atau 34 orang sudah kembali ke rumah dan sampai sekarang tidak ada yang membutuhkan perawatan serius di RS. Pasien cukup diberi obat dan vitamin.

“Kasus Omicron di Indonesia masih didominasi dari para pelaku perjalanan internasional yang berasal dari negara Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan USA,” tutur Budi.

Terkait dengan temuan ini, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama kelima negara tersebut karena penularan Omicron terus meluas.

Budi meneruskan, selain melakukan upaya promotif dan preventif untuk mencegah kasus Omicron meluas di Indonesia, pihaknya juga menyiapkan aspek penunjang, seperti SDM kesehatan serta tenaga farmasi dan alat kesehatan.

Adapun untuk jumlah tempat tidur pasien di Indonesia ada sekitar 400 ribu, di mana sebanyak 30 persen atau 120 ribu didedikasikan untuk Covid-19. “Sekarang yang terisi sekitar 240-250 ribu tempat tidur. Jadi masih ada room sekitar 110 ribu, yang sebelumnya memang sudah kami alokasikan untuk Covid-19,” terang Budi.

Sementara terkait kebutuhan oksigen medis, Kemenkes sudah mendistribusikan sekitar 16 ribu oksigen konsentrator atau setara 800 ton per hari ke semua rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19. Selain itu, Kemenkes juga sudah menerima dan tengah memasang 31 oksigen generator.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill