Connect With Us

11 Juta Minyak Goreng Digelontorkan untuk Tekan Harga

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 5 Januari 2022 | 17:56

Ilustrasi minyak goreng. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah pusat menggelontorkan 11 juta liter minyak goreng untuk menekan harga di pasaran yang cukup tinggi. Minyak goreng tersebut dijual dengan harga murah dalam operasi pasar di 47.000 gerai pasar modern.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, dari 11 juta liter yang disiapkan, sebanyak 4 juta liter telah digelontorkan ke pasar.

"Hari ini sudah mencapai 4 juta (liter). Jadi 7 jutanya on going," ujar Mendag dalam media briefing di Jakarta, seperti dilansir dari Sindonews, Rabu 5 Desember 2021.

Proses produksi minyak goreng kemasan juga akan segera dilanjutkan. Minyak goreng dalam kemasan itu merupakan bagian dari 7 juta liter minyak goreng yang akan disebar.

Kemendag bersama jajaran terkait akan mengusahakan proses produksi bisa berlangsung awal pekan depan.

"Kita akan mulai mudah-mudahan produksi akan segera berlangsung tidak akan lebih lama dari pada awal minggu depan. Sehingga, akhir minggu depan mencapai hampir seluruh pasar yang dipantau oleh Kementerian Perdagangan," tegas Mendag.

Penyediaan minyak goreng kemasan sederhana merupakan respons pemerintah terhadap kenaikan harga minyak goreng belakangan ini.

Untuk memastikan keberlanjutan ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter, pemerintah akan menggunakan instrumen subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

Untuk diketahui, harga minyak goreng saat ini meroket dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dunia yang naik menjadi USD1.340/MT.

Kenaikan harga CPO yang merupakan bahan baku minyak goreng ini menyebabkan kenaikan harga yang cukup signifikan di produk akhir.

Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan per 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah tercatat sebesar Rp17.900 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp18.500 per liter dan minyak goreng premium seharga Rp20.300 per liter.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill