Connect With Us

Masyarakat Diminta Bersiap Terima Vaksin Booster

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 8 Januari 2022 | 19:56

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate. (@TangerangNews / kominfo.go.id)

TANGERANGNEWS.com - Masyarakat diimbau untuk dapat melengkapi penerimaan vaksin Covid-19 dan bersiap untuk menerima vaccine booster yang tengah digodok persiapannya oleh pemerintah pusat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate berharap bagi warga yang baru menerima vaksin Covid-19 dosis satu atau bahkan bagi warga yang belum menerima suntikan vaksin Covid-19 bisa dengan aktif memenuhi kewajiban sekaligus haknya itu.

“Kita membutuhkan kekebalan kelompok di seluruh Indonesia. Ini harus dicapai bersama,” kata Johnny dalam keterangannya, Sabtu 8 Januari 2022, dikutip dari Antara.

Terkait vaccine booster, Johnny menyampaikan agar masyarakat yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap juga bisa menyiapkan dirinya untuk menerima vaksin penguat yang akan didistribusikan dalam waktu dekat. 

Menurut Johnny, vaksin penguat tak kalah pentingnya dengan dosis pertama dan kedua agar kekebalan tubuh warga Indonesia bisa lebih kuat di tengah masih nyatanya potensi serangan virus SARS-CoV-2.

“Vaksinasi dosis penguat ini perlu untuk meningkatkan kembali proteksi kekebalan. Rekomendasi pemerintah, penyuntikan booster dapat dilakukan minimal 6 bulan setelah yang bersangkutan menerima dosis kedua,”ujar dia.

Vaccine booster Covid-19 akan mulai didistribusikan pada daerah yang telah memenuhi kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen. Penerima yang akan diprioritaskan terhitung dari populasi dengan usia di atas 18 tahun.

Johnny menyebutkan, hingga saat ini 244 kabupaten/kota telah memenuhi persyaratan tersebut. “Untuk itu, kami mendorong dan meminta dukungan semua pihak untuk percepatan cakupan vaksinasi di wilayah lainnya supaya dapat memenuhi kriteria yang ada,” tuturnya.

Dalam masa persiapan untuk pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga itu, koordinasi terus dilakukan antarkementerian, lembaga pemerintah, hingga pihak-pihak lainnya yang terkait.

Terbaru, pemerintah menanti pertimbangan dari Indonesian Technical Advisory Group of Immunization (IT AGI) untuk dapat memulai pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Bersamaan dengan percepatan vaksinasi Covid-19 dosis 1 serta 2 dan persiapan vaccine booster, pemerintah juga terus menggalakkan vaksinasi terhadap masyarakat lansia dan anak- anak usia 6-11 tahun.

“Vaksinasi anak terus berlanjut dan berjalan baik. Para orang tua jangan ragu, mari kita lengkapi vaksinasi anak-anak Indonesia,” ucap Johnny.

Di tengah meningkatnya laporan kasus varian mutase Omicron, Johnny juga mengingatkan masyarakat supaya tetap berhati-hati menyikapi beredarnya berbagai hoaks terkait Covid-19. Tak terkecuali berita yang tak benar tentang vaksinasi booster dan vaksinasi anak.

Ia menambahkan, Kominfo terus melakukan berbagai upaya menangkal disinformasi dan hoaks yang bergulir di tengah masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, diharapkan warga juga bijak menyikapinya.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill