Connect With Us

Kasad Beri Orasi Ilmiah ke Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Tim TangerangNews.com | Minggu, 27 Februari 2022 | 14:08

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan orasi ilmiah kepada para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Auditorium UIN, Jakarta, Sabtu 26 Februari 2022. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan orasi ilmiah kepada para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Auditorium UIN, Jakarta, Sabtu  26 Februari 2022.

Adapun orasi dengan tema "Memperkuat Pertahanan Bangsa dengan Generasi Islami" tersebut,menjadi salah satu rangkaian acara wisuda sarjana ke-123 UIN Syarif Hidayatullah.

Mengawali orasinya, Kasad membahas tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta munculnya fenomena populisme di dunia.

Penyebaran berita bohong dengan menggunakan platform media, serta era post truth menjadi bahasan Kasad berikutnya.

"Apapun faktanya, akan salah di mata seseorang yang telah menerima kebohongan yang berulang-ulang," ujar Kasad prihatin kala membahas bahaya era post truth ini.

Menilik kondisi di Indonesia sendiri, Kasad mengajak seluruh hadirin untuk mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa serta semangat para pendiri bangsa dalam menyusun dasar negara.

Menurut Kasad, pertahanan negara bukan semata menjadi domain TNI, melainkan menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, termasuk mahasiswa, dalam menghadapi ancaman bagi keutuhan dan persatuan bangsa.

Ada empat peran yang bisa mahasiswa ambil dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pertama, sebagai agen perubahan. Kedua.

"Terakhir, sebagai komponen yang memiliki kontrol sosial dalam hidup bermasyarakat," jelas Kasad.

Menutup orasi ilmiahnya, Kasad berpesan agar para mahasiswa bisa mulai memupuk sikap kedermawanan untuk meraih kebahagiaan.

Kasad juga berharap mahasiswa senantiasa melakukan usaha terbaiknya, terutama untuk meraih dan memperjuangkan cita-citanya masing-masing.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill