Connect With Us

Transisi ke Fase Endemi, Indonesia Keluar dari Kedaruratan Covid-19

Tim TangerangNews.com | Rabu, 11 Mei 2022 | 12:40

| Dibaca : 406

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (@TangerangNews / Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19)

TANGERANGNEWS.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, kini Indonesia tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespons pandemi Covid-19, melainkan sudah mulai bertransisi memasuki fase endemi.

“Adanya kondisi tersebut telah tercermin pada menurunnya besar efek Covid-19, seperti menurunnya jumlah kasus positif, kasus aktif, keterisian rumah sakit dan angka kematian. Termasuk terhadap perilaku sosial ataupun ekonomi di tengah masyarakat saat ini,” kata Wiku terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia per 10 Mei 2022, seperti dilansir dari Antara, Selasa.

Wiko mencontohkan, misalnya pertumbuhan ekonomi yang mulai kembali meningkat sehingga angka pengangguran menurun bila melihat indeks belanja yang meningkat dan tingginya mobilitas masyarakat yang melakukan kegiatan di luar rumah.

Namun begitu, Wiku mengingatkan tidak boleh lengah karena penularan Covid-19 masih terus terjadi bahkan pada skala internasional. Terbukti dengan kenaikan kasus yang masih terjadi di negara seperti Jepang dan Taiwan.

Menurut dia, kewaspadaan juga harus ditingkatkan karena kemunculan varian baru seperti BA.4 dan BA.5 di Afrika Selatan masih terjadi dan dapat menjadi penyebab hadirnya gelombang kasus baru. Sebab, Covid-19 tidak pernah mengenal batas wilayah untuk terus menginfeksi.

Wiku mengatakan bahwa untuk dapat memasuki fase endemi,  Indonesia dapat terus belajar bersama pada kondisi Covid-19 baik secara nasional maupun global. "Masyarakat juga diharapkan bisa hidup berdampingan dengan COVID-19 seperti melakukan pembatasan aktivitas namun di saat yang bersamaan mendorong terbentuknya perilaku yang lebih sehat dan aman," ujar dia.

Selain itu, Wiku juga memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih akan terus diberlakukan pemerintah sebagai salah satu instrumen pengendalian Covid-19 yang secara fakta terbukti mampu melandaikan kondisi kasus.

Sembari pemerintah terus melakukan evaluasi melalui PPKM, masyarakat diimbau untuk tetap menggunakan masker sebagaimana arahan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan mengikuti vaksinasi Covid-19 agar terlindung dari penularan virus.

KAB. TANGERANG
Lalu Lintas Pertigaan Cibadak Cikupa Tangerang Ramai Lancar, Kerap Macet di Jam Ini

Lalu Lintas Pertigaan Cibadak Cikupa Tangerang Ramai Lancar, Kerap Macet di Jam Ini

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Kondisi lalu lintas di Pertigaan Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, siang ini tampak ramai lancar dari berbagai arah.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Tumbuh Luar Biasa, UMT Disebut Mampu Cetak Generasi Unggul

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:46

TANGERANGNEWS.com-Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) disebut baru seumur jagung, tetapi sudah mengalami pertumbungan yang sangat luar biasa. Eksistensi UMT juga kini disebut mampu mencetak generasi yang unggul.

PROPERTI
Paramount Land dan JMRB Tandatangani Perjanjian Joint Operation

Paramount Land dan JMRB Tandatangani Perjanjian Joint Operation

Senin, 25 Juli 2022 | 12:21

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land dan PT Jasamarga Related Business (JMRB) menandatangani perjanjian joint operation pengembangan kawasan properti di Paramount Petals

KOTA TANGERANG
Balita di Tangerang Minum Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas, DPRD Sebut Sama Saja Meracuni

Balita di Tangerang Minum Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas, DPRD Sebut Sama Saja Meracuni

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:33

TANGERANGNEWS.com-Anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang Saiful Milah menyoroti insiden anak di bawah lima tahun (balita) yang minum obat kedaluwarsa dari puskesmas setelah imunisasi di Posyandu Bunga Kenanga, Kelurahan Pondok Pucung

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill