Connect With Us

Segera Lakukan Hal Ini Jika Sepeda Motor Mogok karena Banjir

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:22

| Dibaca : 81

Jalan Barong di Kampung Pinang, Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, sudah 3 bulan terendam banjir. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Curah hujan di Tangerang kembali tinggi selama beberapa hari hingga menyebabkan sejumlah titik terendam banjir.

Tangerang merupakan salah satu wilayah langganan banjir. Hujan sedikit saja maka air akan naik ke jalanan. Banjir tersebut akhirnya menganggu aktivitas, lantaran menyulitkan kendaraan yang melintas, terutama sepeda motor.

Tak jarang ketika banjir tiba, banyak pengendara sepeda motor yang memaksakan untuk melintas. Sebab, tidak banyak pilihan alternatif jalan lain. Hasilnya, sepeda motor yang dikendarai pun mogok.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, penyebab utama mesin tidak bisa berkerja alias mogok ialah karena busi terendam air. 

"Jika busi kemasukan air, maka tidak ada api di ruang bakar. Sementara bila dipaksa, ada kemungkinan air naik dan masuk ke ruang mesin," kata Endro seperti yang dikutip dari Kompas.com, Rabu, 5 Oktober 2022.

Saat keadaan seperti itu, pemilik kendaraan harus bersikap bijak. Kemudian ada kemungkinan juga sistem kelistrikan sepeda motor yang terendam banjir mengalami kerusakan apabila sepeda motor dipaksa untuk dihidupkan.

Potensi kerusakan dari air banjir juga dapat disebabkan karena masuknya air yang bercampur dengan oli mesin. Tentunya hal ini akan berdampak pada sirkulasi pelumasan pada mesin sepeda motor.

Ketika motor mogok akibat terendam air banjir, segeralah untuk melakukan pengecekan sepeda motor mulai dari bagian kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, hingga karburator jika sepeda motor belum injeksi.

Carilah tempat yang kering untuk sekedar membiarkan air yang membasahi bagian-bagian motor keluar dengan sendirinya. Lalu, bersihkan pula busi menggunakan kain kering dan bersih.

Apabila memungkinkan, disarankan untuk segera membawa motor tersebut ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih aman sehingga kondisi motor tetap baik.

BANDARA
Hampir Setengah Kilo Sabu dari Aceh Diselundupkan Lewat Dubur 2 Penumpang di Bandara Soekarno Hatta

Hampir Setengah Kilo Sabu dari Aceh Diselundupkan Lewat Dubur 2 Penumpang di Bandara Soekarno Hatta

Senin, 5 Desember 2022 | 23:22

TANGERANGNEWS.com-Dua penumpang pesawat dari Aceh nekat menyelundupkan sekitar 455 gram sabu lewat dubur. Aksi keduanya terungkap ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang.

WISATA
Baca 5 Tips Ini Sebelum Mengunjungi PIK 2

Baca 5 Tips Ini Sebelum Mengunjungi PIK 2

Jumat, 9 Desember 2022 | 13:39

TANGERANGNEWS.com-Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Kosambi, Kabupaten Tangerang ramai jadi perbincangan publik. Apalagi sempat menjadi tempat berlangsungnya acara festival musik Head in The Clouds, yang dihadiri musisi 88rising, Rich Brian dan Niki

TANGSEL
Waduh, Penderita HIV/AIDS di Tangsel Capai 1.685 Orang

Waduh, Penderita HIV/AIDS di Tangsel Capai 1.685 Orang

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:16

TANGERANGNEWS.com-Kasus aktif orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencapai 1.685 hingga tahun 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill