Connect With Us

Ada 3 Provinsi Baru, Total Jadi 37 di Indonesia

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 13 November 2022 | 11:48

Peta Indonesia. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Indonesia memiliki tiga provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Papua Barat, yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Setelah diresmikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Lantor Kemendagri, Jakarta pada Jumat 11 November 2022 lalu, ketiga wilayah pemekaran baru tersebut menambah daftar provinsi yang ada di Indonesia yang kini totalnya berjumlah 37.

"Saya, Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU No 14 /2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU No 15/2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU No 16/2022," kata Tito Karnavian seperti dilansir dari Kompas,com, Minggu 13 November 2022. 

Adapun Provinsi Papua Selatan mencakup empat kabupaten yakni Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel. Sementara, Provinsi Papua Tengah memiliki delapan kabupaten yang terdiri dari Nabire, Paniai, Mimika, Dogiyai, Deyiai, Intan Jaya, Puncak, dan Kabupaten Puncak Jaya.

Lalu, provinsi Papua Pegunungan meliputi delapan kabupaten yaitu Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dalam peresmian tersebut, Mendagri juga melantik tiga penjabat (pj) gubernur untuk memimpin sementara tiga provinsi baru tersebut.

Untuk Pj Gubernur Papua Selatan adalah Apolo Safanpo. Kemudian, Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah.

Latar belakang Apolo merupakan Rektor Universitas Cendrawasih Papua. Untuk Nikolaus sendiri merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua. Jabatan Ribka sebelumnya adalah Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill