Connect With Us

Perhatikan 5 Tips Cegah Penyakit di Musim Hujan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 November 2022 | 16:28

Ilustrasi sakit saat musim hujan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Musim puncak hujan telah tiba dan melanda wilayah Tangerang. Selain banjir dan kemacetan, masalah lain yang ditimbulkan ialah penyakit pascahujan.

Untuk itu, dalam menghadapi musim hujan agar tidak terjangkit penyakit, perlu langkah pencegahan yang tepat. Berikut tips mencegah penyakit bawaan musim hujan seperti dilansir dari msn.com, Senin 14 November 2022:

 

Jaga kesehatan dengan selalu cuci tangan

Tangan merupakan tempat yang banyak didiami virus dan bakteri, jika tidak bersih bisa saja terserang flu.

Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun termasuk tangan, sehingga kebersihan tangan perlu diperhatikan lantaran untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh.

Adapun untuk mencuci tangan perlu dilakukan dengan cara yang benar, yaitu menggosok seluruh permukaan tangan, jari dan kuku menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik ya.

 

Mandi dengan sabun antiseptik

Sabun antiseptik dapat membantu tubuh agar terhindar dari risiko terkena penyakit oleh serangan kuman atau bakteri tak terlihat. Sabun antiseptik juga dapat membersihkan dan melindungi kulit kamu agar terasa higienis serta bersih.

Selain itu, agar lebih maksimal mandi dengan air hangat dapat menjadi pilihan. Sebab, dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan dan mampu menyingkirkan semua kuman.

 

Jaga kualitas tidur

Tidur adalah kebutuhan yang penting untuk tubuh manusia. Sebab, tidur sama dengan memulihkan seluruh organ setelah beraktivitas seharian.

Atur waktu tepat waktu. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10-13 jam sehari.

Adapun untuk remaja (14-17 tahun) waktu tidur ideal antara 8-10 jam sehari) dan bagi orang dewasa waktu tidur idealnya sekitar antara 7-9 jam.

 

Selalu rajin olahraga

Langkah tepat untuk mencegah penyakit yang cukup efektif adalah dengan aktivitas olah fisik atau olahraga lantaran dapat memperkuat sistem imun.

Luangkan sedikit waktu untuk berolahraga sederhana agar mengeluarkan keringat, seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit saja. 

Lakukan aktivitas ini ketika musim hujan sebanyak 5 kali dalam seminggu untuk menangkal serangan penyakit dan mengaktifkan sel darah putih.

 

Jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan, lingkungan yang kotor terutama ketika musim hujan dapat menjadi sarang nyamuk.

Rutin bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit serta basmi segala tempat berkembang biaknya nyamuk. 

Bersihkan seluruh celah dan sudut tempat air tersumbat yang membuat air tergenang dan bisa menjadi berkembang biaknya jentik nyamuk. Lakukan sistem 3M, yakni menutup, mengubur, menguras pada perlengkapan yang tidak berguna lagi.

Demikian beberapa tips untuk menjaga tubuh saat musim hujan agar tetap sehat dan bebas dari penyakit.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill