Connect With Us

Buruh di Serang Banten Tewas Tergiling Mesin, Simak 6 Tips Terhindar dari Kecelakaan Kerja

Fahrul Dwi Putra | Senin, 21 November 2022 | 17:57

| Dibaca : 290

Ilustrasi kecelakaan kerja. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kejadian nahas menimpa Adang Suryana, seorang buruh harian lepas PT Rexcon Indonesia yang tewas tergiling mesin conveyor di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Selasa 15 November 2022, lalu.

Peristiwa mengenaskan tersebut viral di media sosial, lantaran beredarnya gambar-gambar yang memperlihatkan kondisi jasad korban yang tak lagi utuh dan tak berbentuk.

Kejadian tersebut merupakan kali pertama di wilayah Banten, sehingga kembali mengingatkan banyak orang akan pentingnya keselamatan dalam bekerja.

Berikut beberapa cara aman dalam bekerja seperti dilansir dari safetynet.asia, Senin 21 November 2022:

 

1. Staff training

Langkah untuk mengurangi kecelakaan kerja adalah dengan terus menerus memberikan penyuluhan atau program training tehadap semua pekerja. Tidak peduli sudah sejauh mana keahlian pekerja dalam mengoperasikan bidang tertentu. 

Edukasi mengenai keselamatan kerja harus terus digaungkan. cara mengatasi lingkungan kerja yang tidak aman adalah selalu melakukan penyuluhan agar karyawan semakin aware atau peduli terhadap keselamatan kerja.

 

2. Pekerja yang kompeten

Kompetensi pekerja adalah salah satu hal penting, maknanya yakni pekerja yang mempunyai kepedulian terhadap keselamatan kerja. 

Pekerja yang memiliki keahlian khusus serta ditambah dengan kompetensinya bisa dikatakan dapat menunjang kemajuan perusahaan.

 

3. Selalu menggunakan alat keselamatan kerja sesuai standar

Alat keselamatan kerja sesuai standar adalah perangkat wajib yang harus digunakan oleh seluruh pekerja. Sebab, hal ini pun telah diatur oleh Undang-undang.

Bahkan, bila ditemui pekerja yang membandel dengan tidak mengenakan alat keselamatan kerja sesuai prosedur, hendaknya perusahaan memberikan peringatan keras.

 

4. Memberikan rambu-rambu

Setiap pekerja harus terus memperhatikan rambu-rambu dalam bekerja. Meski telah melakukan upaya yang safety, tetapi, retraining hal-hal yang berkaitan dengan kecelakaan kerja harus terus dilaksanakan.

 

5. Perlengkapan kerja harus full service

Upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan ialah setiap perusahaan harus memberikan fasilitas secara penuh. Sebagai contoh, memberikan sepatu safety,  jaket safety dan helmet yang berkualitas.

 

6. Tempat atau area kerja selalu dalam keadaan bersih

Menurut berbagai sumber, awalnya Adang sebagai operator ala berat jenis loader tersebut berniat untuk membersikan sampah plastik yang menyangkut pada mesin. Tetapi tiba-tiba mesin tersebut kembali menyala, sehingga Adang pun terseret ke dalam mesin penggiling.

Berkaca pada hal tersebut, menjaga lingkungan kerja dalam keadaan bersih merupakan salah satu faktor penting. Sebab, jika lingkungan kerja bersih maka secara otomatis akan mempengaruhi fokus pada pekerja. Tak hanya keamanan peralatan kerja, hal ini pun sangat berkaitan jika dikaitakn ke faktor psikologis.

BANTEN
Naik Lagi, Ini Harga BBM Nonsubsidi di Banten Per 1 Desember

Naik Lagi, Ini Harga BBM Nonsubsidi di Banten Per 1 Desember

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:44

TANGERANGNEWS.com-Bahan bakar minyak (BBM) kembali mengalami penyesuaian untuk jenis nonsubsidi yang mulai berlaku per hari ini, Kamis 1 Desember 2022.

PROPERTI
Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 23:34

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang dimulai sejak 20 November 2022 di Kota Tangerang telah resmi ditutup.

WISATA
7 Rekomendasi Tempat Makan Bersama Keluarga saat Akhir Pekan di Alam Sutera Tangerang

7 Rekomendasi Tempat Makan Bersama Keluarga saat Akhir Pekan di Alam Sutera Tangerang

Minggu, 27 November 2022 | 07:59

TANGERANGNEWS.com-Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Liburan tersebut dapat berupa mengunjungi taman wisata atau sekadar makan bersama, untuk merasakan kembali momen-momen kehangatan keluarga.

TOKOH
Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Jumat, 18 November 2022 | 18:07

TANGERANGNEWS.com-Sita Ratnasari asal Bugel, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, membagikan sekelumit kisah hidupnya menjadi model pengantin.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill