Connect With Us

Orang Tua Wajib Tahu, 4 Tips Hadapi Gempa Bumi Bersama Anak

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 9 Desember 2022 | 13:23

| Dibaca : 122

Ilustrasi ajari anak berlindung dari gempa bumi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bencana gempa bumi sedang melanda berbagai wilayah di Jawa Barat, seperti Cianjur dan Sukabumi, bahkan getarannya terasa hingga ke Tangerang.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi, salah satu di antaranya adalah karena Indonesia sendiri termasuk bagian dari The Pacific Ring of Fire atau cincin api Pasifik, yang merupakan suatu lintasan di mana terdapat deretan gunung berapi aktif.

Oleh karena itu, perlu untuk selalu siap dan siaga untuk menghadapi kemungkinan gempa yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga.

Terlebih lagi bagi para orang tua, selain menyelamatkan diri sendiri pun harus memastikan keselamatan si kecil.

Berikut beberapa tips menghadapi gempa bumi bersama anak, untuk meminimalisir kemungkinan buruk seperti dilansir dari urbanjabar.com, Jumat 9 Desember 2022.

 

1. Jangan panik saat terjadi gempa bumi

Saat gempa sedang terjadi, jangan panik. Sebab, anak akan ikut panik dan ketakutan.

Segera ajak anak untuk keluar ruangan dengan tenang, tetapi jika tidak memungkinkan untuk keluar, cari perlindungan untuk area kepala dengan bantal.

Jika tidak, berlindunglah di tempat seperti di bawah meja yang kokoh serta hindari kaca dan jendela.

 

2. Menenangkan anak

Meski sulit untuk menenangkan anak di saat keadaan sendiri sedang cemas, tetapi dengan menenangkan anak bisa menghindarkan kemungkinan terburuk karena panik.

Segera dekap anak dengan memeluknya dan yakinkan bahwa semua akan baik-baik saja.

 

3. Memastikan sekitar

Setelah gempa berakhir, jangan buru-buru untuk berlarian. Sebab, masih ada kemungkinan ada benda atau perabot jatuh yang menimpa.

Pastikan kondisi sekitar telah aman, setelah dirasa aman, bawa anak menuju titik evakuasi untuk mencegah terjadinya gempa susulan.

 

4. Berikan penjelasan pada anak saat gempa sudah berhenti

Beberapa menit atau jam setelah gempa berhenti biasanya masih ada rasa ketakutan pada anak, terlebih apabila bencana ini merupakan pengalaman pertamanya.

Beri pengertian pada anak tentang gempa dan hal yang perlu dilakukan serta sebaiknya dihindari ketika terjadi gempa bumi.

Tak perlu memberi penjelasan bernada menakut-nakuti anak meski bermaksud untuk meningkatkan kewaspadaannya. Sebab, hal ini justru membuat anak merasa ketakutan dan panik ketika terjadi gempa bumi.

Itulah empat tips menghadapi gempa bumi bersama anak. Mempelajari tentang gempa bumi sangat penting guna meminimalisir dampak yang timbul jika terjadi gempa bumi.

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land memberikan kejutan dengan menghadirkan hunian luxurious, Matera Residences di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, jelang penghujung tahun 2022.

TEKNO
Traveloka PayLater Bisa Dipakai Buat Bayar Apa Saja?

Traveloka PayLater Bisa Dipakai Buat Bayar Apa Saja?

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:39

TANGERANGNEWS.com-Traveloka telah lama menjadi penyedia layanan dalam memudahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan pembelian transaksi tiket berbagai transportasi.

BANDARA
Sempat Dinonaktifkan Gegara Pandemi, Autogate Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Kembali Dibuka

Sempat Dinonaktifkan Gegara Pandemi, Autogate Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Kembali Dibuka

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:39

TANGERANGNEWS.com-Sistem autogate di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang kembali digunakan.

MANCANEGARA
Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:02

TANGERANGNEWS.com-Beredar video yang viral di media sosial twitter memperlihatkan sebuah mobil masih melaju secara perlahan, meski dikendarai oleh sopir tanpa kepala.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill