Connect With Us

Ini Penetapan Awal Puasa Ramadan 2023, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 22 Maret 2023 | 12:34

Ilustrasi Ramadan Kareem (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Penetapan awal puasa atau 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada, Kamis 23 Maret 2023.

Penetapan tersebut berdasarkan muktamar Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Majelis Tarjih menimbang hasil hisab hakiki wujudul hilal.

Seluruh anggota perserikatan Muhammadiyah akan mulai menggelar salat tarawih malam ini, Rabu 22 Maret 2023.

Sedangkan, penetapan awal Ramadan dari Kementerian Agama (Kemenag) akan melalui sidang isbat yang digelar petang ini.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat digelar berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

"Pada hari rukyat, 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat," katanya.

Lanjutnya, hisab posisi hilal Indonesia sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Ramadan di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," imbuhnya.

Berdasarkan kriteria MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat jika hilal telah mencapai posisi ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Menteri agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan memimpinnya jalannya sidang ini yang dihadiri oleh sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Badan Informasi Geospasial (BIG).

Selain itu, disaksikan juga oleh Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Adapun sidang digelar secara luring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta dengan didahului Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Pemantauan Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain di 124 lokasi titik pemantauan hilal atau rukyatul hilal di seluruh Indonesia..

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill