Connect With Us

Sukses Jalankan Dekarbonisasi, PLN Raih Penghargaan Mata Lokal Award

Fahrul Dwi Putra | Senin, 20 Mei 2024 | 12:40

PLN berhasil mengurangi emisi karbon di Indonesia. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) meraih penghargaan Mata Lokal Award kategori Best Impact in Environment of The Year atas komitmennya dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia, penghargaan ini diumumkan di Jakarta, 17 Mei 2024.

PLN diakui atas langkah-langkah dekarbonisasi yang signifikan, termasuk penggantian pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dan gas, penerapan co-firing biomassa pada PLTU, implementasi carbon trading, dedieselisasi, serta dukungan terhadap infrastruktur kendaraan listrik (EV).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pemerintah siap memberikan dukungan terhadap upaya PLN dalam transisi energi.

Menurutnya, langkah-langkah tersebut berperang penting dalam pengembangan green tourism di Indonesia. 

"Kita berharap bahwa pariwisata kita semakin berkualitas dan berkelanjutan, membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas termasuk green jobs," ujar Sandiaga saat menghadiri acara tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikanz penghargaan ini merupakan hasil dari upaya keras seluruh insan PLN dalam mereduksi emisi karbon di sektor kelistrikan. 

Darmawan menjelaskan berbagai inisiatif dekarbonisasi yang telah dilakukan oleh PLN, antara lain pembatalan penambahan kapasitas PLTU sebesar 13,3 GW, pembatalan Power Purchase Agreement (PPA) PLTU sebesar 1,4 GW, penggantian 1,1 GW PLTU dengan pembangkit berbasis EBT, dan penerapan co-firing biomassa pada 43 PLTU. 

Selain itu, PLN juga mengembangkan 21 GW pembangkit EBT yang mampu mengurangi emisi karbon hingga total 3,7 miliar ton CO2.

"Transisi dari energi fosil ke energi bersih merupakan peluang bagi kita untuk membangun kapasitas nasional, menciptakan lebih banyak lapangan kerja," kata Darmawan.

Lanjutnya, PLN juga mendukung pengembangan green tourism melalui kerja sama dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) untuk menyediakan energi bersih di destinasi wisata seperti Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Selain itu, PLN menjadi aktor utama dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Saat ini, PLN telah mengoperasikan 1.380 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU) di seluruh Indonesia.

"Transisi energi ini juga penting agar kita bisa mencapai kemandirian energi nasional dengan tidak bergantung pada energi fosil yang mahal dan juga kotor," pungkas Darmawan.

KOTA TANGERANG
Atap Bocor Basahi Lapangan, Pertandingan Liga Futsal Profesional di GOR Nambo Tangerang Terhenti

Atap Bocor Basahi Lapangan, Pertandingan Liga Futsal Profesional di GOR Nambo Tangerang Terhenti

Sabtu, 6 Juli 2024 | 19:22

Pertandingan Liga Futsal Profesional 2023-2024 antara Bintang Timur FC Surabaya melawan Pendekar United FC Jakarta di Gedung Olah Raga (GOR) Nambo, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang terpaksa dihentikan sementara akibat kebocoran pada atap

BISNIS
Telkomsel Hadirkan Beragam Promo Menarik dan Games Seru di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Telkomsel Hadirkan Beragam Promo Menarik dan Games Seru di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Kamis, 4 Juli 2024 | 23:11

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang dulu akrab dengan sebutan Pekan Raya Jakarta (PRJ) kembali hadir di tahun 2024 ini.

NASIONAL
Waduh, Orang Indonesia Sering Konsumsi Plastik dari 5 Sumber Ini

Waduh, Orang Indonesia Sering Konsumsi Plastik dari 5 Sumber Ini

Jumat, 5 Juli 2024 | 22:37

Plastik telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Namun, tanpa disadari, plastik juga masuk ke dalam tubuh setiap hari dari berbagai sumber yang kerap ditemui

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill