Connect With Us

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gelar Kegiatan Bersih-bersih di 54 Lokasi

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 4 Juni 2024 | 16:59

PLN menginisiasi kegiatan pengolahan dan daur ulang sampah dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, PLN Group mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan serta mengolah sampah menjadi barang bernilai guna. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Green Employee Involvement, yang dimulai di Waduk Saguling, Bandung Barat, dan akan dilaksanakan di 54 lokasi di seluruh Indonesia pada 3-5 Juni 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan, tugas PLN kini bukan hanya menyediakan pasokan listrik yang andal dan berkualitas bagi masyarakat, tetapi juga berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Menurutnya, momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimanfaatkan PLN untuk terjun langsung ke masyarakat dan berkolaborasi dalam transisi energi melalui penanganan sampah. 

"Program ini juga wujud Implementasi prinsip Enviromental, Social and Governance (ESG)," ucap Darmawan, Selasa, 4 Juni 2024.

Untuk itu, PLN melakukan aksi nyata untuk mengurangi timbunan sampah yang bisa menurunkan kualitas hidup masyarakat, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Direktur Pencegahan Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tulus Laksono mengapresiasi kontribusi PLN dalam aksi bersih lingkungan dan pengolahan sampah secara serentak. 

Dikatakan Tulus, dibutuhkan peran semua pihak dalam pelestarian lingkungan sebagai upaya mengatasi krisis iklim yang menjadi tantangan saat ini.

Lebih lanjut, Tulus menyebut aksi ini dilakukan di 54 titik, sebagai wujud nyata kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat. 

"Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan berkeadilan adalah tema yang ditetapkan oleh Menteri LHK. Karena memang ke depan krisis iklim ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap cuaca," ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, Ibrahim Aji, juga menyampaikan apresiasi atas aksi bersih lingkungan yang dilakukan PLN di Waduk Saguling. 

Menurut Ibrahim, aksi ini tidak hanya berdampak pada pelestarian lingkungan tetapi juga sangat membantu pemerintah daerah dalam mengurangi sampah di wilayahnya.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan, kegiatan ini menargetkan partisipasi 16.500 peserta, termasuk pegawai sukarela PLN, komunitas, dan stakeholders terkait.

Dijelaskan Gregorius, Green Employee Involvement merupakan inisiatif untuk meningkatkan kepedulian pegawai PLN agar aktif terlibat sebagai relawan dalam program peduli lingkungan. 

"Diharapkan juga pegawai dapat menjadi influencer bagi stakeholders dan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan," tutur Gregorius.

Di Waduk Saguling, program ini berkolaborasi dengan Komunitas Bening Saguling binaan PLN Indonesia Power. 

Gregorius menargetkan pengumpulan 300 ton sampah yang akan dipilah dan diolah menjadi barang bernilai guna melalui kerja sama dengan kolaborator.

Dia menjelaskan, sampah yang dikumpulkan akan dipilah antara high value dan low value, serta organik dan anorganik untuk selanjutnya dikirim ke pihak kolaborator pengolah sampah. Sampah plastik akan diolah menjadi furniture, kerajinan, dan batako, sedangkan sampah organik dan eceng gondok akan diolah menjadi kerajinan, pakan ternak, dan pupuk cair.

Tak hanya itu, Employee Volunteering Program adalah agenda rutin PLN Group. Di masa depan, inovasi clean-up akan dilakukan tidak hanya dalam pengelolaan sampah tetapi juga pemanfaatan kembali sampah daur ulang untuk mengurangi volume sampah.

TEKNO
Oppo A60 5G: Ponsel Cerdas dengan Teknologi Tinggi dan Performa Optimal

Oppo A60 5G: Ponsel Cerdas dengan Teknologi Tinggi dan Performa Optimal

Sabtu, 29 Juni 2024 | 21:26

Oppo memang telah menjadi salah satu top of mind brand handphone di Indonesia karena kualitas dan inovasinya yang selalu memukau para pengguna gadget maupun para pengamat teknologi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

BANTEN
Gelar Electrifying Lifestyle, PLN Banten Ajak Masyarakat Biasakan Pakai Kompor Induksi 

Gelar Electrifying Lifestyle, PLN Banten Ajak Masyarakat Biasakan Pakai Kompor Induksi 

Rabu, 3 Juli 2024 | 20:33

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tangerang, mempromosikan penggunaan kompor induksi yang lebih efisien, mudah digunakan, dan aman.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill