Connect With Us

PLN Hub Siap Integrasikan Jaringan Telekomunikasi Digital di IKN Nusantara 

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 7 Juni 2024 | 12:32

PT PLN (Persero) melalui PLN Hub akan memperluas jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) resmi memulai pembangunan PLN Hub, yang dirancang sebagai pusat ekosistem transisi energi dan digitalisasi terbesar serta pertama di Indonesia. 

Nantinya, PLN melalui subholdingnya, PLN Icon Plus, akan memperluas jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi mengungkapkan, PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan di IKN, memainkan peran penting dalam mendukung pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang sedang direncanakan oleh pemerintah.

"Keberadaan PLN Hub ini bisa sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN. PLN Hub ini kan seluruh ekosistem kelistrikan di Nusantara, termasuk juga bagaimana infrastruktur telekomunikasi dan infrastruktur digital ini diwujudkan," ujar Budi Arie, Kamis, 6 Juni 2024.

Menurut Budi Arie, PLN Hub diharapkan dapat mendukung implementasi jaringan 5G di IKN, sebagai bagian dari infrastruktur konektivitas digital.

Untuk itu, dibutuhkan peran pasokan listrik yang andal dari PLN Hub, sehingga jaringan 5G dapat beroperasi optimal, memastikan konektivitas digital di IKN.

Selain itu, kata Budi Arief, PLN Icon Plus juga berperan penting dalam mendukung infrastruktur telekomunikasi.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN untuk berkontribusi dalam pengembangan IKN.

Darmawan menjelaskan, PLN Hub akan berfungsi tidak hanya sebagai pusat energi tetapi juga sebagai pusat telekomunikasi. PLN Icon Plus akan mendukung pembangunan jaringan telekomunikasi dan digitalisasi di IKN.

"Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN serta transisi energi di Indonesia," jelas Darmawan.

Darmawan juga menggarisbawahi bahwa PLN Hub dibangun dengan konsep Green, Smart, and Beautiful, dengan melibatkan arsitek terbaik bangsa.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menyatakan, PLN Icon Plus berkomitmen mendukung pembangunan ketenagalistrikan berkelanjutan di IKN, salah satunya dengan menyediakan layanan telekomunikasi modern.

Dikatakan Ari, Sistem ketenagalistrikan dan telekomunikasi yang dibangun secara terintegrasi dengan teknologi terbaru dan proteksi tinggi ini akan mendukung ekosistem green, smart dan beautiful di IKN.

PLN Hub akan menjadi pusat pengendali sistem kelistrikan dan digital yang sangat andal, mendukung konektivitas digital di IKN untuk pemerintah, bisnis, rumah tangga, dan operator telekomunikasi. 

Otorita IKN telah memberikan hak perlintasan jaringan fiber optik kepada PLN Icon Plus untuk memastikan IKN terkoneksi secara digital, sesuai dengan Keputusan Kepala Otorita IKN No. 52 Tahun 2003.

HIBURAN
Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Kamis, 4 Juli 2024 | 11:14

Film bergenre thriller A Quiet Place: Day One menampilkan peran seekor kucing bernama Frodo yang berusaha bertahan hidup di New York City yang dilanda serangan alien.

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

TANGSEL
Polisi Masih Selidiki Kasus Kebakaran Hotel All Nite & Day Tangsel yang Tewaskan 3 Karyawan

Polisi Masih Selidiki Kasus Kebakaran Hotel All Nite & Day Tangsel yang Tewaskan 3 Karyawan

Rabu, 3 Juli 2024 | 16:18

Penyelidikan kasus kebakaran Hotel All Nite & Day di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menewaskan tiga karyawan masih terus berlangsung.

SPORT
Kota Tangerang Unggul Telak Perolehan Medali Sementara PEPARPEDA VIII Banten 2024

Kota Tangerang Unggul Telak Perolehan Medali Sementara PEPARPEDA VIII Banten 2024

Kamis, 4 Juli 2024 | 11:30

Kota Tangerang kembali mengungguli perolehan medali sementara Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) VIII Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill