Connect With Us

Jalin Kerja Sama, PLN Resmikan SPKLU di Kantor Kementerian LHK

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 11 Juni 2024 | 11:53

Acara peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor KLHK, Gelora, Jakarta Pusat. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor KLHK, Gelora, Jakarta Pusat. 

Acara ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sekaligus sebagai bagian dari kerjasama kedua pihak untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi dan mendukung transisi energi di Indonesia.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan, penggunaan kendaraan listrik secara luas dapat membantu mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim. 

"Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik yang menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi CO2 dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim," ujar Siti Nurbaya pada Minggu, 9 Juni 2024.

Siti Nurbaya juga mengajak seluruh jajaran Eselon I KLHK untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari. 

Menurutnya, emisi gas buang dari kendaraan berbahan bakar fosil adalah penyebab utama polusi udara, sehingga transisi ke kendaraan listrik adalah solusi penting yang harus didorong dan diimplementasikan.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, PLN terus berupaya mendukung transisi energi di Indonesia dengan membangun infrastruktur EV secara masif. 

"PLN siap mendukung transisi energi di tanah air salah satunya lewat penyediaan infrastruktur EV secara masif," ucap Darmawan. 

Dia menambahkan, infrastruktur ini dibangun secara menyeluruh sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakan kendaraan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Lasiran menjelaskan, PLN telah membangun 113 SPKLU di 98 lokasi di Jakarta dan sekitarnya yang beroperasi 24 jam. 

Lasiran menyebut, PLN akan terus menambah SPKLU di tempat-tempat umum yang mudah diakses masyarakat, seperti mal, terminal, stasiun, tempat parkir umum, dan rest area.

Untuk memudahkan penggunaan kendaraan listrik, PLN telah menyediakan EV Digital Services (EVDS) di Super App PLN Mobile, yang memungkinkan masyarakat mencari lokasi SPKLU dan SPBKLU, mengajukan layanan home charging services, melakukan test-drive, dan membeli kendaraan listrik melalui aplikasi tersebut.

Selain peresmian SPKLU, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dimeriahkan dengan konvoi motor listrik yang diikuti oleh pegawai KLHK, PLN, dan komunitas motor listrik Elders.

BANDARA
Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan  3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan 3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Kamis, 4 Juli 2024 | 18:00

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024.

BISNIS
Telkomsel Hadirkan Beragam Promo Menarik dan Games Seru di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Telkomsel Hadirkan Beragam Promo Menarik dan Games Seru di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Kamis, 4 Juli 2024 | 23:11

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang dulu akrab dengan sebutan Pekan Raya Jakarta (PRJ) kembali hadir di tahun 2024 ini.

NASIONAL
Waduh, Orang Indonesia Sering Konsumsi Plastik dari 5 Sumber Ini

Waduh, Orang Indonesia Sering Konsumsi Plastik dari 5 Sumber Ini

Jumat, 5 Juli 2024 | 22:37

Plastik telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Namun, tanpa disadari, plastik juga masuk ke dalam tubuh setiap hari dari berbagai sumber yang kerap ditemui

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill