Connect With Us

Apakah Wisuda Hanya untuk Lulusan Kuliah? Begini Kata Pengamat 

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 26 Juni 2024 | 09:39

Ilustrasi wisuda TK (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com-Jelang memasuki tahun ajaran baru, para siswa tingkat akhir sekolah yang dinyatakan lulus biasanya menggelar acara wisuda.

Umumnya, para siswa tersebut akan mengenakan pakaian kebaya dan jas rapi, bahkan ada yang memakai baju toga.

Kegiatan ini kemudian menuai polemik, banyak masyarakat mengkritik adanya prosesi wisuda untuk tingkatan sekolah lantaran dinilai menghilangkan esensi kesakralan wisuda yang dulunya hanya untuk lulusan kuliah.

Menanggapi itu, Pengamat Perkembangan Anak, Remaja, dan Pendidikan T. Novi Poespita Candra mengatakan, istilah wisuda memang tadinya hanya dilakukan oleh jenjang perguruan tinggi.

Sementara untuk jenjang sekolah, baik TK, SD, SMP, hingga SMA disebut dengan pelepasan atau perpisahan ke jenjang selanjutnya.

"Yang jadi persoalan adalah ketika wisuda yang dilakukan oleh jenjang-jenjang di bawah perguruan tinggi ini terlalu berlebihan bahkan memengaruhi material," ujar Novi dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada, Rabu, 26 Juni 2024.

Menurutnya, secara internasional istilah wisuda justru dipakai untuk semua jenjang pendidikan. Bedanya, di luar negeri perayaan wisuda cenderung lebih sederhana.

"Sebenarnya perlu edukasi karena kalau cuma dilarang wisuda nantinya akan tetap ada kegiatan serupa, hanya ganti nama. Bukan soal selebrasi atau wisudanya tapi lebih ke lifestyle berlebihan saat wisuda," tambahnya.

Sejatinya, kata Novi, pihak-pihak terkait perlu diedukasi terkait esensi sebenarnya dari wisuda, yakni sebagai ajang refleksi bagi anak-anak dan orang tua terkait perjalanan mereka selama menjalani pendidikan.

Di sisi lain, pemerintah melalui Kemendikbudristek telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No.14 Tahun 2023 yang diterbitkan 13 Juni 2023, mengimbau pihak sekolah agar tidak menjadikan wisuda kelulusan sekolah sebagai kegiatan wajib.

SPORT
Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:59

Timnas Indonesia U-20 mencetak sejarah usai berhasil menaklukkan Timnas Argentina U-20 dalam laga pembuka mini turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 28 Agustus 2024.

KAB. TANGERANG
Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Sabtu, 7 September 2024 | 22:13

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membuka 500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, yang terdiri dari 272 posisi tenaga kesehatan dan 228 tenaga teknis.

TANGSEL
Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Sabtu, 7 September 2024 | 21:40

Pihak Kepolisian tengah menyelidiki kasus penculikan disertai dugaan pencabulan tehadap bocah SD di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BISNIS
Harplenas, Ratusan GraPARI Berikan Program Loyalitas dan Apresiasi Bagi Pelanggan

Harplenas, Ratusan GraPARI Berikan Program Loyalitas dan Apresiasi Bagi Pelanggan

Sabtu, 7 September 2024 | 22:20

Telkomsel turut memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) dengan menyapa, mengapresiasi, dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan para pelanggan di seluruh Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill