Connect With Us

Upayakan Kelestarian Lingkungan, PLN Diapresiasi Kementerian LHK

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 27 Juni 2024 | 19:38

Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang diadakan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan apresiasi kepada PT PLN (Persero) atas berbagai upayanya dalam menjaga kelestarian lingkungan di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang diadakan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

Vivien menyebut PLN berhasil memanfaatkan Fly Ash and Bottom Ash (FABA), yakni abu sisa pembakaran batu bara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), yang kini diubah menjadi produk bernilai ekonomi tinggi seperti batako, paving block, pemecah ombak, dan pupuk. 

"Ketika bicara dengan perusahaan-perusahaan lain yang menghasilkan FABA, kami bisa mengatakan untuk lihat PLN sebagai contoh," ujarnya.

Menurutnya, industrialisasi pengelolaan limbah dan sampah berbasis ekonomi sirkular yang diterapkan oleh PLN tidak hanya menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro menambahkan, pemerintah selalu mendorong semua pihak untuk berkolaborasi dalam upaya penyelamatan lingkungan. 

Dia berharap, inovasi-inovasi PLN dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut serta dalam agenda penyelamatan iklim. Sebab, masalah lingkungan adalah tanggung jawab bersama. 

"Maka yang perlu dilakukan adalah mengamplifikasi kebaikan yang sudah kita lakukan dan menjadikan itu sebagai collective imagination, sebagai inspirasi bersama," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN Yusuf Didi Setiarto menyampaikan terima kasih atas dukungan KLHK dalam pemanfaatan FABA di lingkungan PLN, yang kini semakin masif berkat dukungan pemerintah. 

"Pemanfaatan FABA sekarang ini sangat-sangat masif, mulai dari hal yang kecil sampai untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur dalam skala besar. Jadi sekali lagi, kami seluruh insan PLN di seluruh Indonesia mengucapkan terima kasih banyak," jelas Didi.

Executive Vice President Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Doddy B. Pangaribuan mengatakan, PLN terus mendorong semua unit usaha dan karyawan untuk aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah berkelanjutan. 

Melalui program Green Action, PLN mengajak seluruh karyawan untuk mengelola sampah botol plastik dan baju bekas agar bisa didaur ulang menjadi bahan bernilai guna.

"Upaya ini akan terus berlanjut ke depannya, sebagai tanggung jawab kita kepada lingkungan," pungkas Doddy.

TANGSEL
Rayakan HUT ke-4, RSIA Bina Medika Gelar Lomba Bayi Sehat di Tangsel

Rayakan HUT ke-4, RSIA Bina Medika Gelar Lomba Bayi Sehat di Tangsel

Sabtu, 29 Juni 2024 | 16:47

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bina Medika menggelar berbagai macam kegiatan yang melibatkan bayi dalam rangka merayakan HUT ke-4.

KAB. TANGERANG
Sah, Masa Jabatan 244 Kades di Kabupaten Tangerang Diperpanjang Jadi 8 tahun

Sah, Masa Jabatan 244 Kades di Kabupaten Tangerang Diperpanjang Jadi 8 tahun

Jumat, 28 Juni 2024 | 22:55

Masa jabatan sebanyak 244 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tangerang resmi diperpanjang dari 6 tahun menjadi 8 tahun.

BANTEN
Tingkatkan Operasional, Terminal LPG Tanjung Sekong Cilegon Banten Pasang Teknologi Baru

Tingkatkan Operasional, Terminal LPG Tanjung Sekong Cilegon Banten Pasang Teknologi Baru

Sabtu, 29 Juni 2024 | 17:05

Terminal LPG Tanjung Sekong di Cilegon, Banten, yang menjadi tulang punggung kebutuhan LPG nasional, memastikan terus meningkatkan keandalan performa dan operasionalnya.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill