Connect With Us

Waspada Polusi di Musim Kemarau, Picu Berbagai Gangguan Kesehatan

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 28 Juni 2024 | 22:39

Dr Astri Indah Prameswari, Sp.P, Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Eka Hospital BSD. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Memasuki musim kemarau yang diprediksi mulai pada bulan Juni hingga Agustus 2024, masyarakat meski waspada karena bakal terjadi peningkatan polisi udara.

Hal tersebut dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, terutam pada paru-paru.

Seperti yang diungkapkan Dr Astri Indah Prameswari, Sp.P, Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Eka Hospital BSD.

Menurutnya, saat memasuki musim kemarau, udara menjadi kering sehingga kuman, bakteri ataupun virus bisa terbang terbawa debu. 

"Polusi itu banyak pengaruh atau pencetusnya. Bisa dari pabrik atau manufaktur, asap kendaraan, kebakaran hutan. Kemudian diperparah oleh musim, terutama kemarau, karena dia kering dan panas, sehingga kelembapan udara mempengaruhi polusi," ungkapnya, Jumat 28 Juni 2024.

Debu yang berterbangan dengan kuman saat musim kemarau akan rentan masuk ke dalam saluran pernapasan. Tak hanya itu, polusi juga bisa berdampak ketika masuk ke dalam mata, telinga, ataupun menempel pada kulit.

Akibatnya, bila memiliki riwayat alergi, maka rentan mengalami iritasi ringan hingga berat. Misalnya saja, terlalu lama berdiri di pinggir jalan, bisa mengakibatkan mata perih, berair, hingga merah. 

"Makanya terkadang, bila sudah terlalu lama kemarau, pemerintah akan melakukan langkah hujan buatan, itu fungsinya untuk memflashing udara dari polusi, karena kalau dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan," jelas Astri.

Asri menjelaskan dampak polusi sangat mengkhawatirkan karena ukurannya yang sangat kecil. Polusi yang paling ditakutkan dalam udara adalah polusi partikel yang terkandung konsentrasi PM2.5 sebesar 57,7 µg/m³ (mikrogram per meter kubik).  

Hal ini yang membuat iritasi saluran pernapasan, baik jangka pendek ataupun mengakibatkan reaksi lamban. Misalnya, pada reaksi cepat, polusi partikel bisa mengakibatkan mata berair, perih, hingga merah.

Pada saluran pernapasan, akan mengakibatkan batuk-batuk, sulit bernapas, dan gangguan lainnya.

"Pada reaksi lambat, setelah terpapar bertahun-rahun, polutan terdeposit lama, karena ukuran kecil bisa masuk ke saluran pernapasan, paru-paru, hingga peredaran darah. Di paru-paru saja, benda asing bisa memicu peunomia, lalu peradangan terlalu lama bisa menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK," kata Astri.

Bahkan, bila polusi partikel ini masuk ke saluran darah bisa menyebabkan berbagai sumbatan. Jika saluran yang tersumbat adalah jantung, maka bisa menyebabkan penyakit jantung.

"Bisa juga ke otak yang nantinya akan menyebabkan stroke ataupun resiko kesehatan lainnya. Jadi tergantung di mana saluran yang tersumbat," kata Astri.

Astri pun memberikan cara agar tidak terpapar polusi guna mencegah berbagai penyakit. Jika bekerja di dalam ruangan, harus selalu rajib bersih-bersih atau menggunakan air purifier.

Sementara lalu, jika harus bekerja ataupun melakukan aktivitas di luar ruangan harus selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

"Kemudian istirahat cukup. Karena berhubungan dengan polisi ada timbul oksidasi, stres, maka makanan yang harus dikonsumsi adalah harus tinggi antioksidan, seperti sayur, buah, tambahan suplemen,"katanya.

TANGSEL
Motivasi Pelaku UMKM Tangsel, Gerai Lengkong Gelar Sarasehan Pagi Bersama Bunda Dewi Motik

Motivasi Pelaku UMKM Tangsel, Gerai Lengkong Gelar Sarasehan Pagi Bersama Bunda Dewi Motik

Senin, 1 Juli 2024 | 18:41

Gerai Lengkong mengadakan giat Sarasehan Pagi bersama DR Cri Puspa Dewi Motik Pramono, Aktifis Sosial-Entrepreneurship terkemuka di Indonesia.

OPINI
Kapitalisme Gagal Melindungi Anak dari Kejahatan, di Mana Peran Negara?

Kapitalisme Gagal Melindungi Anak dari Kejahatan, di Mana Peran Negara?

Jumat, 28 Juni 2024 | 17:44

Seakan tidak ada habisnya masalah kekerasan terhadap anak di negeri mayoritas muslim ini. Dilaporkan sebanyak 10.860 kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi sejak 1 Januari 2024.

HIBURAN
Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Senin, 24 Juni 2024 | 18:06

Mal Ciputra Tangerang kembali menghadirkan event untuk mengisi liburan sekolah yakni Snow Fantasy With Tayo The Little Bus, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

TOKOH
Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Jadi Calon Wali Kota Tangerang di Pilkada 2024, Ini Biodata dan Profil Faldo Maldini 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:45

Sejumlah partai politik telah menyodorkan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 mendatang, salah satunya ialah sosok Faldo Maldini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill