Connect With Us

PLN Pastikan PLTS Siap Suplai Listrik untuk Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 di IKN

Fahrul Dwi Putra | Senin, 1 Juli 2024 | 06:28

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan peninjauan PLTS IKN bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Sabtu, 29 Juni 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dipastikan dapat beroperasi untuk mendukung upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Hal ini diumumkan saat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan peninjauan PLTS IKN bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Sabtu, 29 Juni 2024.

"Sudah produksi 10 megawatt, dengan kebutuhan IKN sekarang baru 1 megawatt," ujar Erick Thohir.

Erick juga meminta PLN untuk terus memastikan kesiapan listrik di setiap lokasi peringatan Hari Kemerdekaan RI di IKN, baik melalui PLTS ataupun gardu induknya, sehingga mampu memasok listrik tidak hanya untuk kebutuhan daya total untuk venue upacara HUT Kemerdekaan, tetapi juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan tetap aman.

Menanggapi itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, PLN siap menghadirkan listrik yang bersih dan andal untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI di IKN. 

PLN juga telah memetakan kebutuhan listrik di IKN, khususnya untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 sebesar 1,5 megawatt (MW). Saat ini, PLTS IKN sudah beroperasi dengan kapasitas 10 MW sejak Februari 2024, dan kapasitas ini akan ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

Darmawan menjelaskan, pada peringatan HUT RI, PLN akan menggunakan skema kelistrikan empat lapis untuk venue utama, Beranda Nusantara, Perkantoran Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, Bandara, dan Penginapan VVIP/VIP. 

Lapisan pertama akan menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk memastikan listrik andal tanpa gangguan. Lapisan kedua dan ketiga akan menggunakan dua jaringan listrik yang bersumber dari dua gardu induk berbeda, dan lapisan terakhir akan menggunakan genset sebagai cadangan pasokan.

Sedangkan, untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik saat peringatan HUT RI, PLN telah menyiapkan 16 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang dapat digunakan oleh pejabat negara, tamu undangan, dan peserta peringatan HUT RI. 

PLN juga bekerja sama dengan Bluebird untuk menyediakan SPKLU khusus bagi shuttle bus yang akan digunakan peserta peringatan HUT RI di IKN.

MANCANEGARA
Buron, Mantan Wali Kota Filipina Alice Guo Ditangkap di Tangerang

Buron, Mantan Wali Kota Filipina Alice Guo Ditangkap di Tangerang

Rabu, 4 September 2024 | 16:50

Kepolisian Indonesia berhasil membekuk seorang buronan bernama Alice Guo di kawasan Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Senin, 26 Agustus 2024 | 13:08

Bosan dengan sosialisasi yang kaku? KPU Kota Tangerang bikin acara Pilkada jadi seru banget. Sabtu kemarin, 24 Agustus 2024 mereka ngadain acara KPU Goes to School di SMAN 8 Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill