Connect With Us

1,36 Persen Pengguna Narkoba Berusia Remaja Akibat Pengaruh Teman

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 26 Juli 2024 | 16:33

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Marthinus Hukom. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Marthinus Hukom mengatakan berdasarkan survey prevalensi tahun 2023, sekitar 1,36 persen para pengguna narkoba berusia remaja.

“1,36 persen ini dari jumlah 3,3 juta orang yang kami survey tadi, artinya pasar narkoba lewat anak-anak, remaja ini cukup besar,”ungkap Marthinus, saat menghadiri Deklarasi Anti Narkoba dan Anti Tawuran, di Kota Tangerang, Jumat 26 Juli 2024.

Dengan kondisi saat ini, BNN menilai, pasar narkoba paling banyak diminati oleh usia anak dan remaja. Faktornya pun berasal dari lingkungan sekitar, yakni dipengaruhi oleh teman sebaya dan juga rasa penasaran ingin mencoba.

“Para pengguna rata-rata usia remaja ini dipengaruhi oleh dua hal, pertama pengaruh teman sebaya dan kedua ingin coba-coba. Yang disayangkan, kecenderungan jumlah mereka terus bertambah,”ungkap Marthinus.

Menurutnya hal ini disebabkan oleh produsen narkoba memahami betul kondisi psikologis anak-anak yang mudah terpengaruh. Akhirnya, mereka menjadi sasaran empuk.

Jadi yang harus dilakukan, dengan membangun ketahanan dari dalam keluarga. Karena, orang tua pemegang otoritas dalam memberikan moral salah atau benar tingkah laku anak tersebut.

"Lalu, moral yang baik ini akan diteruskan dan dibawa ke lingkungan permainannya," jelasnya.

BNN pun mengimbau, tingkah laku para pesohor seperti public figure, selebgram hingga influencer yang tersandung kasus penyalahgunaan narkoba, tidak perlu di ekspos besar-besaran.

Termasuk cara dia menggunakan narkoba dan juga jenis yang digunakan.

“Itu malah bisa memberi contoh, menginspirasi. Jangan diekspos besar-besaran.”tegasnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, ribuan siswa SMP dan SMA di Kota Tangerang, melakukan aksi deklarasi anti narkoba dan anti tawuran.

Kegiatan remaja baik di lingkungan sekolah atau teman permainan di luar lingkungan sekolah, bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif lainnya.

“Dengan kolaborasi antar pihak ini dan upaya yang terus dilakukan, bisa kita jadikan rujukan bersama untuk terus melindungi generasi penerus kita bebas narkoba,”ungkapnya.

KAB. TANGERANG
Lapak Limbah Fiber di Kosambi Tangerang Ludes Terbakar

Lapak Limbah Fiber di Kosambi Tangerang Ludes Terbakar

Senin, 16 September 2024 | 08:21

Kebakaran hebat melanda lapak limbah fiber milik PT Surya Utama di Kampung Belimbing, Jalan Pipa Desa Selembaran, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Minggu 15 September 2024.

TANGSEL
Diduga Mabuk, Sopir Angkot Diamuk Massa Usai Tabrak Ibu Hamil di Serpong Tangsel

Diduga Mabuk, Sopir Angkot Diamuk Massa Usai Tabrak Ibu Hamil di Serpong Tangsel

Senin, 16 September 2024 | 21:35

Seorang sopir angkot roda niaga diamuk masa lantaran melarikan diri usai menabrak ibu hamil di Jalan Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANDARA
14 Calon Pekerja Imigran Ditawari Kerja ke Kamboja Lewat Telegram, Diamankan di Bandara Soetta

14 Calon Pekerja Imigran Ditawari Kerja ke Kamboja Lewat Telegram, Diamankan di Bandara Soetta

Senin, 16 September 2024 | 14:04

Sebanyak 14 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) ilegal digagalkan berangkat ke Kamboja di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Mereka mendapat tawaran kerja lewat aplikasi Telegram tanpa dokumen yang sah.

PROPERTI
Tren Properti Naik, Paramount Land Sukses Bangun Kawasan Komersil di Tangerang

Tren Properti Naik, Paramount Land Sukses Bangun Kawasan Komersil di Tangerang

Rabu, 11 September 2024 | 13:33

Memasuki kuartal ketiga 2024, Bank Indonesia (BI) melaporkan kenaikan Indeks Harga Properti Komersial sebesar 0,70 persen (year-on-year) pada Triwulan I-2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill