Connect With Us

Penting! Ini Fitur-fitur Keselamatan yang Wajib Dimiliki Mobil

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 8 Agustus 2024 | 11:45

Ilustrasi air bag. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Keselamatan merupakan prioritas utama saat berkendara. Saat ini, mobil modern dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. 

Fitur-fitur ini terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu fitur aktif dan pasif, yang berfungsi untuk meminimalkan risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Co-Founder dan GM Lifepal Benny Fajarai menjelaskan, penting untuk memahami kedua jenis fitur ini agar pemilik kendaraan dapat memanfaatkan teknologi keselamatan dengan baik.

Dijelaskan Benny, fitur keselamatan aktif dirancang untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Beberapa fitur keselamatan aktif yang umum pada mobil meliputi

1. Anti-Lock Braking System (ABS)

ABS mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, membantu pengemudi mengendalikan mobil dan mengurangi risiko tergelincir.

2. Electronic Stability Control (ESC)

ESC menjaga stabilitas mobil saat kehilangan kontrol dengan mengaktifkan rem secara otomatis dan mengarahkan kendaraan ke jalur yang benar.

3. Blind Spot Detector

Fitur ini memperingatkan pengemudi tentang kendaraan lain yang berada di titik buta, membantu melakukan perubahan jalur dengan aman.

4. Sistem Peringatan Tabrakan Depan 

Sistem ini memantau jarak antara mobil dengan kendaraan di depan, memberikan peringatan jika ada potensi tabrakan sehingga pengemudi dapat mengambil tindakan pencegahan.

Selain fitur aktif, terdapat juga fitur keselamatan pasif dirancang untuk melindungi penumpang saat kecelakaan tidak dapat dihindari. 

Beberapa fitur keselamatan pasif yang umum pada mobil modern meliputi.

1. Airbag 

Airbag mengembang saat terjadi benturan keras untuk melindungi penumpang dari cedera dengan menyerap energi benturan.

2. Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman menjaga penumpang tetap berada di posisi yang aman saat terjadi benturan, mengurangi kemungkinan cedera serius.

3. Struktur Bodyshell 

Bodyshell mobil dirancang untuk menyerap energi benturan, mengalihkan kekuatan tabrakan ke bagian-bagian tertentu dari kendaraan yang dirancang untuk menyerap dampaknya.

4. Sistem Pengaman Isofix  

Isofix adalah sistem pengait untuk child seat yang memastikan anak duduk dengan aman dan nyaman, mengurangi risiko cedera pada anak-anak saat terjadi kecelakaan.

Selain memastikan mobil dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif dan pasif, memiliki asuransi mobil juga sangat penting. 

Asuransi All Risk, misalnya, menawarkan perlindungan lengkap terhadap kerusakan kecil, besar, hingga kehilangan, memberikan rasa tenang dan aman saat berkendara.

Dengan memahami dan memastikan keberadaan fitur-fitur keselamatan ini, pengendara dapat meningkatkan keselamatan di jalan dan mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

BANDARA
Jelang Pelantikan Presiden, Begini Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Sambut Tamu Negara

Jelang Pelantikan Presiden, Begini Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Sambut Tamu Negara

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 17:21

Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap menyambut tamu-tamu negara, yang akan menghadiri pelantikan Presiden Indonesia terpilih yang akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024.

TEKNO
Cara Mudah Melaporkan Gangguan Listrik Pakai Aplikasi PLN Mobile

Cara Mudah Melaporkan Gangguan Listrik Pakai Aplikasi PLN Mobile

Selasa, 22 Oktober 2024 | 08:13

Bagi pelanggan PLN di Provinsi Banten, kini mengatasi masalah listrik seperti pemadaman, gagal isi token, atau gangguan instalasi bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile.

PROPERTI
Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:12

Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan kabar baik bagi masyarakat yang ingin membangun rumah untuk memudahkan dalam mengurus perizinan bangunan gedung atau PBG.

MANCANEGARA
Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kamis, 26 September 2024 | 13:42

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mengutuk serangan Israel ke Lebanon yang telah menimbulkan ratusan korban jiwa.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill