Connect With Us

Udara Makin Buruk, Begini Cara Cegah Penyakit Pernapasan Akibat Polusi

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 13 Agustus 2024 | 17:40

Ilustrasi kota berpolusi (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Polusi udara yang kian memburuk meningkatkan risiko penyakit pernapasan, seperti asma, bronkitis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). 

Berdasarkan data dari Sequis Life hingga pertengahan 2024, terdapat 2.466 klaim terkait penyakit pernapasan dengan total nilai Rp22,250 miliar.

Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto Pandu mengatakan, pentingnya penggunaan masker saat berada di luar ruangan, bahkan untuk waktu singkat. Paparan debu dan asap kendaraan di jalan bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika terjadi secara terus-menerus.

Tak hanya di luar, polusi udara dalam ruangan juga menjadi ancaman seperti debu, bahan kimia pembersih, serta asap dari dapur adalah beberapa sumber polusi dalam rumah. 

Untuk mengurangi risiko, disarankan membersihkan rumah secara teratur, menggunakan filter HEPA, memilih produk pembersih tanpa VOC, dan memastikan sirkulasi udara yang baik.

"Meski kita merasa hanya terpapar sebentar, tetapi terpapar setiap hari dapat membahayakan kesehatan," ujar dokter Seto dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 13 Agustus 2024.

Selain itu, asap rokok dan vape juga menjadi penyebab utama gangguan pernapasan. Meski efek buruknya tidak langsung dirasakan, kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah serius dalam jangka panjang. 

Gejala awal seperti batuk kronis, sesak napas, dan mudah lelah bisa menjadi tanda bahwa paru-paru sudah terpengaruh.

Dokter Seto menjelaskan, penyempitan saluran pernapasan bersifat permanen dan akan semakin memburuk jika terus terpapar polusi atau tetap merokok.

Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk menjaga kesehatan paru-paru dan menghindari polusi.

Beberapa langkah sederhana seperti rutin berolahraga, melatih pernapasan dengan Pursed Lips Breathing, dan menjaga gaya hidup sehat bisa membantu mencegah penyakit pernapasan.

"Lakukan secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari dan lima kali dalam seminggu. Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatannjantung dan keseluruhan tubuh serta memperbaiki fungsi paru-paru," katanya.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat, cukup istirahat, dan menjaga hidrasi juga penting untuk memperkuat sistem imun.

Sementara bagi yang sudah didiagnosis dengan penyakit pernapasan, perubahan gaya hidup dan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis sangat dianjurkan. Misalnya saja, asuransi kesehatan seperti Sequis Q Infinite MedCare Series (Plan Lite) yang menyediakan perlindungan untuk penyakit kanker atau serangan jantung dengan limit tahunan hingga Rp10 miliar per tahun.

BANTEN
Resmi Beroperasi, Bethsaida Hospital Serang Terapkan Layanan Inovatif

Resmi Beroperasi, Bethsaida Hospital Serang Terapkan Layanan Inovatif

Senin, 21 Oktober 2024 | 18:26

Setelah resmi beroperasi, Bethsaida Hospital Serang bakal mengusung konsep pelayanan yang cepat, efisien, dan nyaman, rumah sakit ini menghadirkan pengalaman baru bagi pasien.

WISATA
Rekreasi Sambil Belajar, Rekomendasi 4 Wisata Edukasi di Kota Tangerang

Rekreasi Sambil Belajar, Rekomendasi 4 Wisata Edukasi di Kota Tangerang

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 06:28

Jika Anda sedang mencari destinasi menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tanpa harus keluar kota, Kota Tangerang menawarkan berbagai pilihan tempat wisata edukasi.

PROPERTI
Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:12

Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan kabar baik bagi masyarakat yang ingin membangun rumah untuk memudahkan dalam mengurus perizinan bangunan gedung atau PBG.

AYO! TANGERANG CERDAS
100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

Kamis, 17 Oktober 2024 | 12:44

Sebanyak 100 guru SMP Negeri dan Swasta di Kota Tangerang mengikuti kegiatan Bela Negara yang digelar di BBPPMPV Bispar, Depok, Rabu, 16 Oktober 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill