Connect With Us

PLN Klaim PLTGU Tambak Lorok Bisa Atasi Emisi 671 Ribu Ton CO2 Per Tahun

Fahrul Dwi Putra | Senin, 2 September 2024 | 10:32

Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok Blok 3 di Semarang, Jawa Tengah (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero), melalui sub holding PLN Indonesia Power, baru saja meresmikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok Blok 3 di Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat, 30 Agustus 2024, lalu. 

Diketahui, pembangkit ini memiliki kapasitas 779 Megawatt (MW) dan merupakan PLTGU tipe combined cycle single shaft terbesar di Indonesia. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutajulu mengapresiasi PLN Group yang berupaya melakukan transisi energi lebih bersih.

Jisman menegaskan pentingnya tiga aspek, yakni keandalan, keberlanjutan, dan keterjangkauan listrik.

"Jadi yang ketiga (hal) tadi penting untuk masyarakat, di mana kita tak mau membebani masyarakat maupun negara," ujar Jisman dalam keterangannya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLTGU ini menggunakan teknologi terbaru, sehingga akan menjadi salah satu yang paling efisien dan ramah lingkungan. 

"Dengan tingkat efisiensi yang mencapai 61% dibandingkan dengan PLTGU lainnya, pembangkit ini mampu menghindarkan emisi sebesar 671 ribu Ton CO2 dalam setahun sehingga lebih ramah lingkungan," kata Darmawan.

Selain itu, Darmawan mengungkapkan bahwa PLTGU Tambak Lorok Blok 3 juga memiliki waktu respons yang sangat cepat, yakni 70 MW dalam 1 menit.

Keunggulan ini memungkinkan PLTGU untuk mendukung pertumbuhan pembangkit energi terbarukan yang bersifat intermiten dengan cepat.

"Dengan adanya fast response power plant seperti ini tentu saja keandalan sistem di Jawa Tengah akan meningkat drastis dan juga ruang untuk menambah dari Variable Renewable Energy juga akan meningkat drastis," pungkasnya.

OPINI
Ironi Kesenjangan Sosial Sedalam Jurang

Ironi Kesenjangan Sosial Sedalam Jurang

Kamis, 19 September 2024 | 15:42

Faktanya dapat dilihat dengan sangat jelas dan gamblang, bahkan dengan menutup mata sekali pun, bagaimana kesenjangan antara rakyat dan tuan penguasa seperti jurang. Padahal jeritan rakyat jelas terdengar.

NASIONAL
PLN Paparkan Strategi Menuju Net Zero Emissions 2060, Bakal Kurangi PLTU 

PLN Paparkan Strategi Menuju Net Zero Emissions 2060, Bakal Kurangi PLTU 

Kamis, 19 September 2024 | 09:24

PT PLN (Persero) membeberkan langkah-langkah strategis dalam mendukung transisi energi menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

TEKNO
Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Selasa, 17 September 2024 | 09:51

Indonesia siap memasuki era baru transportasi udara dengan kehadiran mobil terbang buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkolaborasi dengan perusahaan lokal teknologi berbasis di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2020, Vela Aero.

BANTEN
Pemprov Banten Diguyur Dana Insentif Daerah Rp19,6 Miliar dari Pusat

Pemprov Banten Diguyur Dana Insentif Daerah Rp19,6 Miliar dari Pusat

Rabu, 18 September 2024 | 08:21

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat, sebesar Rp19,6 miliar.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill