Connect With Us

PLN dan Kementerian ESDM Gelar Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Indonesia

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 21 September 2024 | 20:34

Ajang PLN EV Conversion Race 2024, di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 22 September 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggelar ajang PLN EV Conversion Race 2024, yakni balap motor listrik konversi pertama di Indonesia di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 22 September 2024. 

Ajang ini bertujuan untuk menunjukkan ketahanan dan performa motor listrik hasil konversi, sekaligus menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi mengatakan, dalam ajang ini para peserta akan memperebutkan Piala Menteri ESDM dengan total hadiah Rp222 juta.

"(Tujuannya) untuk meningkatkan animo masyarakat dan menunjukkan reliability dari sepeda motor listrik hasil konversi yang tidak kalah dengan sepeda motor konvensional (Internal Combustion Engine/ICE) sehingga tercipta kepercayaan terhadap produk konversi," jelasnya.

Adapun Tiga kategori akan dipertandingkan dalam PLN EV Conversion Race 2024, yakni EV Race atau alap motor listrik konversi di lintasan aspal untuk menunjukkan performa motor, kemudian EV Endurance sebagai uji ketahanan balapan selama dua jam untuk mengukur daya tahan motor listrik hasil konversi.

Terakhir, Conversion Competition kompetisi konversi langsung dari motor berbahan bakar BBM menjadi motor listrik, yang diikuti oleh siswa SMK dan mekanik.

Perlu diketahui, acara ini akan digelar dalam dua putaran, pada 22 September dan 13 Oktober 2024. 

Menurut Agus, ajang ini diakui sebagai yang pertama di dunia dengan aturan teknis yang sudah diadopsi oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). PLN turut serta dalam memastikan keandalan pengisian daya selama acara berlangsung.

Sebagai bagian dari upaya mendorong kendaraan ramah lingkungan, pemerintah memperkenalkan kebijakan baru, termasuk peningkatan insentif konversi motor listrik hingga Rp10 juta, penyederhanaan proses konversi, serta pengembangan infrastruktur pendukung. Hal ini dilakukan untuk mempercepat transisi menuju energi bersih.

Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan, ajang ini merupakan upaya PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Ia meyakini ajang balap ini akan menjadi proving ground kemampuan dan kualitas sepeda motor hasil konversi dalam kecepatan, ketahanan, sekaligus membentuk komunitas baru pengguna sepeda motor listrik hasil konversi.

Gregorius mengatakan, PLN terus mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik, termasuk menyediakan layanan integrasi kendaraan listrik melalui aplikasi PLN Mobile. 

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai stasiun pengisian listrik umum dan layanan home charging, bahkan membeli kendaraan listrik.

AYO! TANGERANG CERDAS
10 Tahun Prodi SEE, Swiss German University Tegaskan Kontribusi Capai Target Indonesia NZE 2060

10 Tahun Prodi SEE, Swiss German University Tegaskan Kontribusi Capai Target Indonesia NZE 2060

Jumat, 20 September 2024 | 17:44

Salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang, Swiss German University (SGU) menegaskan komitmen untuk ikut berpartisipasi dan mendukung Indonesia mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

TEKNO
Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Selasa, 17 September 2024 | 09:51

Indonesia siap memasuki era baru transportasi udara dengan kehadiran mobil terbang buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkolaborasi dengan perusahaan lokal teknologi berbasis di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2020, Vela Aero.

NASIONAL
PLN dan Kementerian ESDM Gelar Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Indonesia

PLN dan Kementerian ESDM Gelar Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 | 20:34

PT PLN (Persero) bersama Kementerian ESDM akan menggelar ajang PLN EV Conversion Race 2024, yakni balap motor listrik konversi pertama di Indonesia di Sentul International Karting Circuit, Bogor, pada Minggu, 22 September 2024.

SPORT
Prediksi Skor Semen Padang vs Persita Tangerang BRI Liga 1 2024/2025, Misi Bangkit Pendekar Cisadane

Prediksi Skor Semen Padang vs Persita Tangerang BRI Liga 1 2024/2025, Misi Bangkit Pendekar Cisadane

Sabtu, 21 September 2024 | 12:48

Persita Tangerang tengah mengemban misi penting untuk bangkit di pekan keenam BRI Liga 1 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill