Connect With Us

LMS 2024 Bakal Digelar, Pengelola Media Lokal Diajak Sesuaikan Audiens

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 25 September 2024 | 19:13

Gelaran perdana acara Local Media Summit (LMS) di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, pada Oktober 2022 silam. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pertemuan tahunan pengelola media lokal di Indonesia, Local Media Summit (LMS), kembali hadir pada 2024.

Acara yang digagas oleh Suara.com bersama International Media Support (IMS) ini akan akan diselenggarakan secara eksklusif di The Sultan Hotel & Residence Jakarta pada 2-3 Oktober 2024.

Tahun ini, tema yang diangkat adalah "Technological Transformation in Local Media: Serving The Audience Tomorrow", yakni perlunya media lokal memahami audiens sebagai dasar pengembangan konten dan model bisnis. 

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, sekaligus Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono mengatakan, media yang fokus pada karakter audiens dapat membangun unique selling pointnyang kuat.

Tentunya, hal ini akan membantu pengelola media mengembangkan program-program unik, sekaligus memperluas peluang kerjasama dengan berbagai mitra.

"Sumber pendapatan media saat ini bukan hanya dari sekadar iklan, perlu inovasi yang kreatif dan beragam,“ ujarnya, Rabu, 25 September 2024.

Kompetisi Inovasi untuk Media Lokal

Program Manager IMS Indonesia Eva Danayanti menambahkan, LMS 2024 juga membuka kesempatan bagi media lokal untuk melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi. 

Salah satunya adalah kompetisi yang memungkinkan media lokal mempresentasikan ide inovatif dalam sesi pitching di acara puncak. Nantinya, pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan dukungan dana serta pendampingan untuk mewujudkan ide tersebut.

Selain itu, LMS 2024 juga akan fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas konten media lokal. Akan ada sesi coaching yang mencakup pemanfaatan teknologi seperti AI, perencanaan bisnis, dan legalitas perusahaan.

"Hingga merancang event untuk menghasilkan revenue," imbuhnya.

LMS tahun ini dijadwalkan akan dibuka oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Kepala Kerjasama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia & Brunei Darussalam Thibaut Portevin, CEO Suara.com Suwarjono, serta Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti. 

Selain itu, sejumlah pakar seperti Danny Yong dari IMS Asia, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Janoe Arijanto, dan perwakilan dari Pinterest Widhi Asmoro juga akan turut berpartisipasi dalam acara ini.

Sebagai tambahan, LMS pertama kali digelar pada akhir Oktober 2022 di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, dihadiri hampir 300 peserta secara langsung dan 100 peserta lainnya secara daring. 

Sukses dengan acara pertama, LMS 2023 kembali digelar pada 11-12 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat. 

Dalam rangkaian menuju puncak acara, Suara.com bersama IMS juga telah mengadakan beberapa pertemuan dengan pengelola media lokal di berbagai daerah. Yakni, pada 6 Mei 2024, Sumatera Media Summit (SMS) 2024 diadakan di Palembang, dan Jatim Media Summit (JMS) 2024 digelar pada 25 Juli 2024 di Surabaya.

Bagi media lokal yang tertarik mengikuti LMS 2024, pendaftaran peserta sudah dibuka sejak 2 September 2024 melalui situs resmi LMS di localmediacommunity.com.

KOTA TANGERANG
Pemkot Tangerang Siap Kawal Pengusutan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Panti Asuhan

Pemkot Tangerang Siap Kawal Pengusutan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Panti Asuhan

Jumat, 4 Oktober 2024 | 16:46

Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang akan mengawal penuh proses hukum terkait dugaan kasus pelecehan di salah satu panti asuhan di Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

SPORT
Prediksi Skor Borneo vs Persita di BRI Liga 1 2024/2025, Pendekar Cisadane Manfaatkan Jadwal Padat Pesut Etam

Prediksi Skor Borneo vs Persita di BRI Liga 1 2024/2025, Pendekar Cisadane Manfaatkan Jadwal Padat Pesut Etam

Senin, 30 September 2024 | 09:14

Persita Tangerang akan menghadapi lawan berat lantaran harus bertandang ke markas Borneo FC dalam lanjutan pekan ketujuh BRI Liga 1 2024/2025

BISNIS
Program Loyalitas Telkomsel Prestige Hadirkan Ragam Keuntungan dan Manfaat Baru

Program Loyalitas Telkomsel Prestige Hadirkan Ragam Keuntungan dan Manfaat Baru

Jumat, 27 September 2024 | 23:04

Telkomsel memperkenalkan peningkatan terbaru pada program loyalitas Telkomsel Prestige. Program ini hadir dengan ragam benefit dan manfaat baru, yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan memuaskan bagi pelanggan setia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill