Connect With Us

Daging Sapi Impor Langka, Jakarta Disuplai Ikan Sulawesi Selatan

| Jumat, 1 Juli 2011 | 18:35


TANGERANG-Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad mendapat suplai 1 ton ikan dari Provinsi Sulawesi Selatan untuk DKI Jakarta sebagai upaya memenuhi kebutuhan protein hewani DKI Jakarta hari ini Jumat (1/7/2011).

Fadel menyebut bahwa, naiknya harga pangan serta hambatan perdagangan antar negara harus menjadi pemacu Indonesia dalam menciptakan kemandirian pangan di era globalisasi. "Ini dalam upaya mengganti kelangkaan daging sapi impor. Ini juga termasuk gebrakan awal," ujar Fadel, dalam acara pengiriman perdana ikan dari Sulawesi Selatan ke Jakarta di Kantor Karantina Hewan Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (1/7).

Fadel mengatakan, Indonesia mengalami masalah. Kebutuhan ikan, kata Fadel, semakin banyak.  Sementara ada masalah yang kita hadapi, yakni daging sapi impor dari Australia tidak bisa masuk lagi.

"Alasan mereka (Australia) rumah potong di kita tidak bagus. Tapi menurut saya itu kan urusan kita kok. Jadi saya pikir, ya sudahlah kita tidak usah pakai sapi," ujar Fadel. 


Kenapa tidak menggantinya dengan ikan, bukan dengan sapi. "Kita sedang melakukan itu. Tetapi karena saya melihat ikan di kita berlimpah, ya ikan lebih baik. Proteinnya lebih tinggi," terangnya. 

Asisten 1, Provinsi DKI Jakarta Sylviana Murni menambahkan, kebutuhan DKI Jakarta akan ikan sangat tinggi. "Kebutuhan ikan per tahun di DKI Jakarta mencapai 249 ribu ton. Sementara yang baru bisa disediakan 121 ribu ton, berarti kan jauh sekali. Ada kekurangan yang cukup besar," terang Sylviana.

Kenapa dari Sulawesi Selatan? Fadel mengatakan, ini hanya sebagai gebrakan awal. Ditambah, Sulawesi Selatan, tepatnya Makasar berlimpah akan ikan. "Ini akan mengangkat martabat bangsa. Jangan lagi kita serba impor. Dan, memang tahun ini saya kurangi impor. Kedepan nanti daerah lain juga turut serta. Seperti Jawa dan Kalimantan," katanya.

Harga ikannya bagaiamana? Fadel memastikan terjangkau. Apalagi dalam negeri, mendatangkannya ke DKI harganya murah Rp.3.000 perkilo kalau lewat udara. Sedangkan lewat laut Rp1.000 perkilo.

Untuk terus berkelanjutan program ini, Fadel mengatakan, nelayan-nelayan akan dibant, mulai dari fasilitas pelabuhannya serta bantuan dari pemerintah pada kelompok nelayan yang masing-masing biasanya    10-20 orang diberikan bantuan Rp100 juta. "Kita hari ini sudah masuk dalam krisis , kita melawan. Karena hampir semua sudah impor. Saya tidak rela kita semua dihidupi dengan impor," terang Fadel.

"Apalagi kebutuhan dan kemampuan produksi nasional akan ikan naik.Ini belum termasuk kekayaan laut kita yang saya curigai  nangkap di sini dijual ke luar. Saya akan kerjasama dengan KSAL masalah ini," katanya.(DRA)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill