Connect With Us

PLN Pastikan Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Triwulan IV 2024 untuk 13 Golongan Nonsubsidi

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 2 Oktober 2024 | 15:16

Kantor Pusat PT PLN (Persero). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) menegaskan tidak ada kenaikan tarif listrik untuk periode Oktober-Desember 2024.

Hal ini berdasarkan keputusan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang menetapkan tarif tenaga listrik untuk triwulan IV tahun 2024 bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi tidak mengalami perubahan.

Menurut Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 Tahun 2024, penyesuaian tarif listrik bagi pelanggan nonsubsidi dilakukan setiap tiga bulan sekali berdasarkan empat faktor utama, yakni nilai tukar rupiah (kurs), harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price atau ICP), inflasi, dan harga batu bara acuan (HBA).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu menjelaskan, parameter ekonomi makro pada triwulan IV sebenarnya menunjukkan potensi adanya kenaikan tarif listrik, namun pemerintah memilih untuk menahan kenaikan tersebut. 

"Demi menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri saat ini, Pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik tidak mengalami perubahan atau tetap," ujar Jisman, Senin, 30 September 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap mendukung keputusan pemerintah ini dan berkomitmen untuk terus menjaga kualitas layanan dan pasokan listrik yang andal. 

"Listrik kini tidak hanya sebagai alat penerangan namun memegang peran vital dalam kehidupan masyarakat," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, PLN akan terus berfokus pada efisiensi operasional dan berupaya meningkatkan penjualan listrik dengan memberikan berbagai promo dan insentif menarik. "Di sisi lain PLN juga akan terus meningkatkan upaya efisiensi dan mengerek penjualan listrik," pungkasnya.

Berikut rincian tarif tenaga listrik di Triwulan IV (Oktober-Desember) 2024: 

WISATA
Akademisi Nilai Desa Wisata Bisa Jadi Penggerak Pariwisata Alternatif di Indonesia

Akademisi Nilai Desa Wisata Bisa Jadi Penggerak Pariwisata Alternatif di Indonesia

Jumat, 4 Oktober 2024 | 16:43

Desa wisata di Indonesia semakin diminati oleh wisatawan karena menawarkan pengalaman berlibur yang autentik dan berbeda.

KAB. TANGERANG
Cawabup Intan Targetkan Taman Baca di Kabupaten Tangerang Makin Banyak

Cawabup Intan Targetkan Taman Baca di Kabupaten Tangerang Makin Banyak

Jumat, 4 Oktober 2024 | 17:19

Calon Wakil Bupati Tangerang, Intan Nurul Hikmah, menargetkan untuk memperbanyak Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kabupaten Tangerang.

OPINI
Banyak Menteri Banyak Celah Korupsi

Banyak Menteri Banyak Celah Korupsi

Kamis, 26 September 2024 | 15:57

Penambahan jumlah menteri pasti akan berefek pada membengkaknya jumlah anggaran yang harus dikeluarkan untuk menggaji para menteri. Akibatnya bisa bertambahnya utang negara atau naiknya pajak yang dibebankan kepada rakyat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill