Connect With Us

Kapan Hari Guru Diperingati? Ini Tanggal Sebenarnya

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 4 Oktober 2024 | 08:43

Ilustrasi Guru Honorer. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Di Indonesia, Hari Guru diperingati dua kali dalam setahun. Peringatan ini terdiri dari Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober dan Hari Guru Nasional yang dirayakan setiap 25 November. 

Kedua tanggal tersebut memiliki sejarah yang berbeda, namun sama-sama penting dalam menghargai jasa para guru.

Sejarah Hari Guru Nasional

Melansir dari kanal YouTube Kompas, Hari Guru Nasional di Indonesia selalu diperingati pada 25 November, karena bertepatan dengan hari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

PGRI sendiri lahir pada tanggal 25 November 1945, tak lama setelah Indonesia merdeka. Namun, sejarah persatuan guru di Indonesia sudah dimulai sejak zaman kolonial Belanda.

Pada tahun 1912, dibentuklah sebuah organisasi guru bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). 

Organisasi ini terdiri dari berbagai elemen tenaga pendidikan, mulai dari kepala sekolah hingga guru bantu. PGHB berperan penting dalam perjuangan memperjuangkan hak-hak guru dan pendidikan di Indonesia.

Kemudian, pada tahun 1932, nama PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Sayangnya, saat masa penjajahan Jepang, PGI dilarang beroperasi. 

Setelah Indonesia merdeka, pada 24-25 November 1945, para guru dari seluruh Indonesia mengadakan Kongres Guru Indonesia yang pertama. Dari kongres tersebut, lahirlah PGRI yang menjadi organisasi resmi para guru di Indonesia.

Untuk menghormati jasa para guru, pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November, hari lahir PGRI, sebagai Hari Guru Nasional.

Hari Guru Sedunia

Sementara itu, Hari Guru Sedunia dirayakan setiap tanggal 5 Oktober. Perayaan ini ditetapkan untuk memperingati adopsi rekomendasi UNESCO dan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) tentang status guru pada 5 Oktober 1966. 

Rekomendasi ini menjadi acuan untuk mengatur hak dan tanggung jawab guru di seluruh dunia, termasuk standar untuk pendidikan guru, proses perekrutan, serta kondisi kerja guru.

UNESCO memandang peran guru sebagai komponen vital dalam menciptakan pendidikan berkualitas. Dengan adanya Hari Guru Sedunia, UNESCO dan ILO ingin menyoroti pentingnya profesi guru dan tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan global.

Jadi, kapan Hari Guru diperingati? Jawabannya adalah setiap 5 Oktober untuk Hari Guru Sedunia dan 25 November untuk Hari Guru Nasional di Indonesia.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng UNICEF, Ajak Penumpang Membatik hingga Pamerkan Karya UMKM

Bandara Soetta Gandeng UNICEF, Ajak Penumpang Membatik hingga Pamerkan Karya UMKM

Kamis, 3 Oktober 2024 | 17:14

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menggelar berbagai kegiatan spesial dengan tema “Batik-kan Perjalananmu”.

MANCANEGARA
Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kamis, 26 September 2024 | 13:42

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mengutuk serangan Israel ke Lebanon yang telah menimbulkan ratusan korban jiwa.

KAB. TANGERANG
Seru, Belanja Nutrilon Royal di Raja Susu BSD Bisa Sambil Ajak Bermain Anak

Seru, Belanja Nutrilon Royal di Raja Susu BSD Bisa Sambil Ajak Bermain Anak

Jumat, 4 Oktober 2024 | 10:37

Belanja kebutuhan nutrisi untuk si kecil kini semakin menyenangkan di Raja Susu BSD. Pasalnya, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui brand Nutrilon Royal resmi berkolaborasi dengan Raja Susu

SPORT
Prediksi Skor Borneo vs Persita di BRI Liga 1 2024/2025, Pendekar Cisadane Manfaatkan Jadwal Padat Pesut Etam

Prediksi Skor Borneo vs Persita di BRI Liga 1 2024/2025, Pendekar Cisadane Manfaatkan Jadwal Padat Pesut Etam

Senin, 30 September 2024 | 09:14

Persita Tangerang akan menghadapi lawan berat lantaran harus bertandang ke markas Borneo FC dalam lanjutan pekan ketujuh BRI Liga 1 2024/2025

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill