Connect With Us

Hati-hati, 5 Jenis Gatal Ini Bisa Jadi Indikasi Terkena Diabetes

Fahrul Dwi Putra | Senin, 28 Oktober 2024 | 10:37

Ilustrasi Diabetes. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- GGatal pada kulit seringkali dianggap sepele, namun jangan anggap remeh jika Anda sering mengalaminya. Pada beberapa kasus, gatal-gatal dapat menjadi indikasi awal dari diabetes.

Kondisi ini sering kali muncul akibat kadar gula darah tinggi yang memengaruhi kesehatan saraf, pembuluh darah, serta kulit gatal pada kulit seringkali dianggap sepele, namun jangan anggap remeh jika Anda sering mengalaminya.

Pada beberapa kasus, gatal-gatal dapat menjadi indikasi awal dari diabetes. Kondisi ini sering kali muncul akibat kadar gula darah tinggi yang memengaruhi kesehatan saraf, pembuluh darah, serta kulit.

Mengenali gejala-gejala gatal yang khas pada penderita diabetes dapat membantu untuk segera mengambil langkah pencegahan. Berikut lima jenis gatal yang sering kali menjadi tanda adanya diabetes:

1. Kulit Kering dan Mengelupas

Salah satu tanda yang umum pada penderita diabetes adalah kulit yang mudah kering dan mengelupas, terutama di area tangan dan kaki. 

Hal ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu aliran darah, menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya. Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap gatal dan pecah-pecah, terutama jika tidak dirawat dengan baik.

2. Gatal di Area Lipatan Tubuh

Diabetes juga sering menyebabkan gatal di lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, atau di bawah payudara. Gatal di area ini umumnya disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri yang lebih mudah tumbuh di area lembap. 

Kadar gula tinggi dalam tubuh menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan mikroorganisme, sehingga meningkatkan risiko infeksi yang menimbulkan gatal.

3. Luka Gatal yang Sulit Sembuh

Jika Anda mendapati luka kecil yang disertai gatal dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh, kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes. 

Tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah kecil, sehingga memperlambat proses penyembuhan luka. Gatal biasanya muncul di sekitar area luka karena peradangan dan gangguan aliran darah.

4. Kulit Gelap dan Bersisik di Area Tertentu

Kondisi yang disebut acanthosis nigricans ini adalah salah satu tanda diabetes yang ditandai dengan kulit yang menghitam, menebal, dan bersisik, biasanya di lipatan tubuh seperti leher, ketiak, atau siku. 

Selain perubahan warna dan tekstur kulit, acanthosis nigricans juga sering disertai gatal. Kondisi ini disebabkan oleh resistensi insulin yang memengaruhi kulit, sehingga sering kali dialami oleh penderita diabetes atau orang dengan risiko diabetes tinggi.

5. Infeksi Kulit Berulang

Penderita diabetes lebih mudah mengalami infeksi kulit berulang yang menimbulkan gatal, kemerahan, bengkak, atau bahkan lecet pada kulit. Infeksi ini sering kali disebabkan oleh jamur Candida albicans atau bakteri Staphylococcus aureus yang lebih mudah berkembang pada kulit penderita diabetes, terutama karena kekebalan tubuh yang menurun dan kadar gula yang tinggi.

Jika mengalami salah satu atau beberapa dari gejala di atas, penting untuk tidak mengabaikannya. Gejala gatal akibat diabetes yang tak ditangani bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat, serta konsultasi mengenai perawatan kulit dan pengendalian kadar gula darah.

BISNIS
Hasilkan Tenaga Kerja Unggul, PT SSB Gelar Machining Development Program

Hasilkan Tenaga Kerja Unggul, PT SSB Gelar Machining Development Program

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 17:06

PT lSSB anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABMM) yang berfokus pada rekayasa industri, mengadakan acara penutupan program Machining Development Program (MDP) di pusat pelatihan Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu, 26 Oktober 2024.

BANTEN
Relawan Fanbase Tangerang Raya Siap Menangkan Andra Soni-Dimyati

Relawan Fanbase Tangerang Raya Siap Menangkan Andra Soni-Dimyati

Minggu, 27 Oktober 2024 | 20:20

Dukungan kepada pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut 2 Andra Soni - Dimyati Natakusumah terus mengalir.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill