Connect With Us

Radar Bandara Soekarno-Hatta Rusak

| Jumat, 5 Juni 2009 | 19:08

TANGERANGNEWS-Radar data procesing system (RDPS) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalami kerusakan sekitar pukul 09.00-11.00 WIB Jumat (5/6) . Akibatnya, selama 10 menit pesawat dari Palembang Sumatera Selatan di hold (ditahan) penerbangannya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Manajer Humas PT Angkasa Pura II Trisno Heriyadi kepada tangerangnews.com saat dihubungi membenarkan informasi itu. “Benar, RDPS-nya mengalami hang atau sistem komputerisasinya down, “ katanya. Dia mengatakan, meski mengalami kerusakan namun tidak ada pengaruh yang besar atas kerusakan RDPS itu. Sebab, kata dia, pihaknya sudah menyediakan back up sistem, sehingga kerusakan dapat tertangani dengan cepat. “Langsung kita backup. Kerusakan sendiri terjadi sekitar pukul 09.00 -11.00 WIB. Penerbangan dari Palembang ke Jakarta kita hold selama 10 menit. Ini untuk mengantisipasi agar suatu hal tidak bisa terjadi, misalnya seperti kecelakaan pesawat, ” ucapnya. Berapa maskapai yang ditahan keberangkatannya dari Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Trisno enggan menyebutkan jumlahnya. Dirinya hanya mengatakan, ada beberapa pesawat dari berbagai maskapai. Saat ditanya, apakah pengaruhnya jika sistem RDPS itu rusak, dirinya mengatakan, secara teknis dirinya tidak bisa menjelaskan. Namun, kata dia, yang jelas komunikasi tetap berjalan dengan pesawat meski RDPS mengalami kerusakan. “Sebab, tidak ada koneksi antara pesawat dengan RDPS. Dan, sebenarnya ini adalah hal yang biasa terjadi di bandara manapun, termasuk luar negeri,” katanya. Trisno juga mengatakan, penyebabnya kerusakan sudah diketahui yakni karena sistemnya down. Alat-alat komputerisasi itu menurut Trisno selalu dilakukan tera oleh Departemen Perhubungan dan ICAO. “Lebih tepatnya sih bukan kerusakan tetapi down. Kini programnya sudah dirunning kembali. Kerusakan itu sama saja seperti ketika menggunakan komputer yang stag,” jelasnya. (den)
TEKNO
Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Indonesia Bakal Punya Mobil Terbang, Diluncurkan Mulai 2028

Selasa, 17 September 2024 | 09:51

Indonesia siap memasuki era baru transportasi udara dengan kehadiran mobil terbang buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkolaborasi dengan perusahaan lokal teknologi berbasis di Bandung yang telah berdiri sejak tahun 2020, Vela Aero.

BISNIS
Baru Bangun Bisnis? Coba 5 Keuntungan Paid Promote di Instagram 

Baru Bangun Bisnis? Coba 5 Keuntungan Paid Promote di Instagram 

Rabu, 18 September 2024 | 14:23

Perkembangan era digital yang serba cepat ini, pemilik bisnis perlu memanfaatkan berbagai platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menggunakan paid promote di Instagram.

OPINI
Tirani Minoritas

Tirani Minoritas

Senin, 16 September 2024 | 08:27

Tirani minoritas adalah kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh kaum minoritas. Tentu saja tidak ada yang dapat melakukan kesewenang-wenangan kecuali adalah golongan elit atau sekelompok kecil ( minoritas) elit penguasa.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill