Connect With Us

Pandemi Virus COVID-19 Serta Anjuran untuk Tetap di Rumah Saja

Redaksi | Senin, 22 Februari 2021 | 11:35

Ilustrasi COVID-19. (@TangerangNews / Istimewa)

 

Oleh: Natasya Aurelia

 

Yuk, Kenalan dengan COVID-19. Apa sih virus COVID-19 dan apa dampaknya terhadap manusia bahkan dunia?

 

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama "Corona Virus" merupakan jenis baru dari coronavirus yang menyerang sistem pernapasan. COVID-19 dapat menular ke berbagai golongan manusia manapun, mulai dari lansia (lanjut usia), para remaja, anak-anak, bayi, bahkan dapat menyerang ibu hamil dan ibu menyusui.

 

Corona Virus Desease ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Seperti yang kita tahu bahwa virus ini menyebar dengan cepat dan telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia dalam hitungan beberapa bulan saja. Negara yang terdampak virus ini antara lain, Indonesia, Irak, Malaysia, Singapura, Filipina, dll.

Merebaknya pandemi virus ini membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus Corona yang lebih luas. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah perluasan virus ini. Jadi, pemerintah mengimbau agar masyarakat Indonesia tetap dirumah saja jika tidak ada keperluan mendesak sekali.

 

"Iya para penumpang pun menurun sangat drastis sejak adanya virus COVID-19. Bahkan jumlah penumpang dalam satu perjalanan dapat di hitung oleh jari,” ujar Sumanto, asisten bus biro perjalanan di Tangerang, Jumat (19/02/2020) lalu.

 

Anjuran Work From Home (WFH) dan sekolah/kuliah secara daring merupakan salah satu dampak COVID-19, kebijakan tersebut dibuat oleh pemerintah agar masyarakat tetap melakukan aktivitas dirumah saja untuk memutus rantai virus tersebut.

 

Namun, jika memang ada keperluan yang sangat mendesak untuk keluar rumah. Maka ada beberapa hal yang harus di terapkan, misalnya seperti menerapkan social distancing 1 meter, menggunakan masker, membawa hand sanitizer, serta anjuran untuk menggunakan cashless payment.

 

Selain menjaga diri dari luar, kita juga perlu memberi asupan gizi dan vitamin yang cukup serta olahraga yang cukup agar imun kita kuat dan lebih sehat.

 

Setelah membaca artikel ini, saya harap kita semua tetap dapat patuh dengan aturan yang sudah dibuat agar penyebaran virus COVID-19 tidak semakin luas.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill