Connect With Us

Pandemi Virus COVID-19 Serta Anjuran untuk Tetap di Rumah Saja

Redaksi | Senin, 22 Februari 2021 | 11:35

| Dibaca : 449

Ilustrasi COVID-19. (@TangerangNews / Istimewa)

 

Oleh: Natasya Aurelia

 

Yuk, Kenalan dengan COVID-19. Apa sih virus COVID-19 dan apa dampaknya terhadap manusia bahkan dunia?

 

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama "Corona Virus" merupakan jenis baru dari coronavirus yang menyerang sistem pernapasan. COVID-19 dapat menular ke berbagai golongan manusia manapun, mulai dari lansia (lanjut usia), para remaja, anak-anak, bayi, bahkan dapat menyerang ibu hamil dan ibu menyusui.

 

Corona Virus Desease ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Seperti yang kita tahu bahwa virus ini menyebar dengan cepat dan telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia dalam hitungan beberapa bulan saja. Negara yang terdampak virus ini antara lain, Indonesia, Irak, Malaysia, Singapura, Filipina, dll.

Merebaknya pandemi virus ini membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus Corona yang lebih luas. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah perluasan virus ini. Jadi, pemerintah mengimbau agar masyarakat Indonesia tetap dirumah saja jika tidak ada keperluan mendesak sekali.

 

"Iya para penumpang pun menurun sangat drastis sejak adanya virus COVID-19. Bahkan jumlah penumpang dalam satu perjalanan dapat di hitung oleh jari,” ujar Sumanto, asisten bus biro perjalanan di Tangerang, Jumat (19/02/2020) lalu.

 

Anjuran Work From Home (WFH) dan sekolah/kuliah secara daring merupakan salah satu dampak COVID-19, kebijakan tersebut dibuat oleh pemerintah agar masyarakat tetap melakukan aktivitas dirumah saja untuk memutus rantai virus tersebut.

 

Namun, jika memang ada keperluan yang sangat mendesak untuk keluar rumah. Maka ada beberapa hal yang harus di terapkan, misalnya seperti menerapkan social distancing 1 meter, menggunakan masker, membawa hand sanitizer, serta anjuran untuk menggunakan cashless payment.

 

Selain menjaga diri dari luar, kita juga perlu memberi asupan gizi dan vitamin yang cukup serta olahraga yang cukup agar imun kita kuat dan lebih sehat.

 

Setelah membaca artikel ini, saya harap kita semua tetap dapat patuh dengan aturan yang sudah dibuat agar penyebaran virus COVID-19 tidak semakin luas.

HIBURAN
5 Tontonan Seru Korea untuk Menunggu Buka Puasa

5 Tontonan Seru Korea untuk Menunggu Buka Puasa

Kamis, 29 April 2021 | 11:35

TANGERANGNEWS.com-Korea Selatan tidak hanya dikenal karena K-Pop dan K-drama nya saja, selain itu banyak variety show yang digemari oleh berbagai kalangan. Terlebih di bulan puasa ini menonton

OPINI
Tidak Boleh Mudik, Ini Cara Obati Kerinduan Dengan Sanak Saudara

Tidak Boleh Mudik, Ini Cara Obati Kerinduan Dengan Sanak Saudara

Jumat, 7 Mei 2021 | 11:30

Melewati lebaran di masa pandemi membuat masyarakat tidak bisa

TEKNO
Mengukur Efektivitas Virtual Police, Ahli Hukum: Mampu Menekan Kejahatan Siber

Mengukur Efektivitas Virtual Police, Ahli Hukum: Mampu Menekan Kejahatan Siber

Sabtu, 8 Mei 2021 | 13:34

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan berjalannya perkembangan teknologi

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab