Connect With Us

Masalah Sosial di Kota Tangerang

Tim TangerangNews.com | Jumat, 13 Mei 2022 | 14:29

| Dibaca : 402

Ilustrasi (@TangerangNews / Istimewa)

Yudhistira Fachry Tegar A, mahasiswa Universitas Yuppentek Indonesia Jurusan Ilmu Pemerintahan.

TANGERANGNEWS.com-Di dalam suatu negara atau masyarakat, pasti tidak selalu berjalan dengan mulus. Pasti ada sesuatu yang tidak diharapkan terjadi oleh masyarakat. Ada situasi-situasi yang merugikan banyak orang dan tidak diinginkan terjadi.

Situasi tersebut sangat berdampak bagi masyarakat banyak. Hal itu akan mengganggu keseimbangan kehidupan masyarakat, sehingga fungsi-fungsi kehidupan juga akan terganggu. Situasi tersebut adalah masalah sosial.

Sebagai masyarakat di suatu negara, pasti kita pernah merasakan bahwa negara tidak selalu baik-baik saja. Ada beberapa masalah yang mengganggu dan harus ditangani. Masalah-masalah tersebut sudah masuk kategori masalah sosial.

Masalah sosial adalah sebuah kondisi di suatu masyarakat yang tidak diinginkan terjadi. Masalah yang ada tersebut harus segera dihadapi dan dicari solusinya. Masalah sosial tidak hanya menyangkut pada suatu atau dua orang saja. Akan tetapi menyangkut banyak orang atau masyarakat luas.

Menurut Sosilog Prof. Soerjono Soekanto, masalah sosial adalah suatu permasalah yang timbul di dalam masyarakat. Masalah sosial berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat.

Selain itu, masalah sosial juga berhubungan erat dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Masalah sosial yang terjadi di masyarakat bersifat sosial.

Soerjono Soekanto juga menyebutkan pendapat lain mengenai masalah sosial. Menurutnya, masalah sosial adalah sesuatu yang tidak sesuai antara unsur-unsur masyarakat atau sebuah kebudayaan. Masalah sosial akan membahayakan suatu kelompok sosial.

Untuk di Kota Tangerang, salah satu masalah sosialnya yaitu penyakit yang menular. Penyakit yang menular akan sangat berdampak dalam berbagai sektor. Contohnya seperti penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Penyakit menular mematikan ini berdampak pada segala bidang di Kota Tangerang. Bidang ekonomi juga terpengaruh akibat adanya penyakit menular ini. Ekonomi menjadi lumpuh, sebab pelaku ekonomi banyak yang terjangkit virus menular tersebut.

Sama halnya dengan bidang pendidikan, pendidikan berjalan tidak lancar seperti biasanyaa akibat penyakit menular ini.

Banyak masalah-masalah yang terjadi akibat dari masalah sosial ini. Banyak pihak yang dirugikan. Pemerintah dan masyarakat harus bahu-membahu dalam mengatasi masalah sosial ini.

Selain masalah sosial penyakit yang menular, di Kota Tangerang juga ada masalah sosial kenakalan remaja. Tawuran antarremaja yang masih terjadi di Kota tangerang ini salah satu bentuk kenakalan remaja.

Dari peristiwa itu, bisa dilihat bahwa kenakalan remaja adalah salah satu contoh masalah sosial. Peristiwa tersebut adalah pelanggaran dari norma-norma yang ada dan seharusnya dianut oleh para remaja.

Dampak yang sangat berpengaruh dari kenakalan remaja adalah pada remaja itu sendiri. Kenakalan remaja akan membuat mental dari remaja tersebut rusak. Jika banyak remaja yang mentalnya rusak, ini adalah ancaman yang serius untuk remaja-remaja yang ada di Kota Tangerang di generasi yang akan datang.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja adalah dengan selalu mengawasinya. Banyak pihak yang harus ikut terlibat dalam upaya ini. Seperti pihak sekolah, pemerintah, masyarakat umum, dan yang sangat berpengaruh adalah keluarga atau orang tua.

Untuk melakukan perubahan, memang harus terjadi dari luar dan dalam diri remaja itu sendiri. Akan tetapi, dengan melakukan dorongan-dorongan maka kenakalan yang terjadi di kalangan remaja bisa segera teratasi di Kota Tangerang ini.

BISNIS
Stockbit Ajak Mahasiswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Trading Saham

Stockbit Ajak Mahasiswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Trading Saham

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:00

TANGERANGNEWS.com-Aplikasi investasi saham Stockbit mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam kompetisi trading saham secara virtual.

BANDARA
Dituding Jadi Penyebab Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Sekarpura II Tanggapi Penyesuaian Tarif Airport Tax

Dituding Jadi Penyebab Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Sekarpura II Tanggapi Penyesuaian Tarif Airport Tax

Rabu, 20 Juli 2022 | 16:12

TANGERANGNEWS.com-Ketua Umum Serikat Karyawan PT Angkasa Pura II (SEKARPURA II) Trisna Wijaya menanggapi penyesuaian atau kenaikan tarif Airport Tax yang dituding akan sangat mempengaruhi kenaikan harga tiket pesawat.

MANCANEGARA
232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:30

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 232 warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penyekapan dan penipuan di Kamboja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill