TangerangNews.com

Lihat Pintu Air 10, Kementerian PU Kucurkan Rp1,9 Triliun

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 29 Januari 2014 | 17:13 | Dibaca : 2583


Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)



TANGERANG-Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan memulai normalisasi Sungai Cisadane pada  2015 mendatang. Anggaran yang akan disediakan untuk proyek tersebut sebesar Rp 1,9 triliun dari APBN.  Itu dikatakan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat paripurna jawaban Wali Kota terhadap pemandangan umum fraksi tentang Raperda Perubahan Atas Perda No 7/2010 tentang Pajak Daerah, Rabu (29/1).

 “Pengerjaan mulai tahun 2015 dan ditargetkan selesai tahun 2018. Kemen PU menyiapkan anggaran Rp 1,9 triliun. Ini satu-satunya solusi mengatasi banjir setelah kita menolak Sodetan Ciliwung-Cisadane dan Dirjen PU melihat sendiri kondisi Sungai Cisadane di Pintu air 10,” katanya.
 
Menurut Arief, normalisasi dilakukan dengan membangun turap mulai dari Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang hingga Kota Tangerang. Pemerintah Kota Tangerang sendiri diminta membebasakan lahan untuk normalisasi tersebut.
 
“Kita diminta siapkan lahan, selama lahan siap PU siap bangun turapnya.  Untuk di Kota Tangerang sendiri, wilayah yang belum diturap sekitar ada 20 kilometer. Kita belum mengestimasikan jumlahnya,” ujarnya.
 
Selain Sungai Cisadane, Kementrian PU juga akan segera menormalisasi Kali Angke, Kali Sabi dan Kali Ledug Ketiga kali tersebut sudah masuk program normalisasi tahun 2014.
 
Untuk kali Angke, normalisasi sudah dilakukan sejak tahun 2011 dan sudah mencapai 60 persen. Arief meminta PU melanjutkan proses normalisasi tersebut, mengingat efektifitas program tersebut dalam mengurangi bencana banjir di daerah Ciledug.  Seperti diketahui, saat ini lokasi titik banjir yang melanda Kota Tangerang tahun ini bertambah, yang tadinya hanya 13 titik menjadi 55 titik. Hal itu disebabkan meluapnya kali Angke, Cisadane, Ledug dan Sabi.