TangerangNews.com

Siswa Khawatir UN Online

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 1 April 2015 | 15:29 | Dibaca : 1446


Ilustrasi UN Online (fajar.co.id/Google / TangerangNews)


TANGERANG-Sejumlah Siswa tingkat SMA di Kota Tangerang masih khawatir dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN)  2015 dengan sistem online.

 

Seperti yang diutarakan Iwan kurniawan, siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Kota Tangerang. Hal yang dia khawatirkan adalah terjadinya kesalahan sistem saat hari H pelaksanaan UN.

 

"Ini kan sistem komputer, takutnya ada kesalahan sistem. Kalau  dengan kertas kan paling discanner. Takut kita jadi bahan percobaan aja untuk sistem baru ini," katanya, Rabu (1/4).

 

Menurut Iwan, sebaiknya sebelum melaksnakan UN online, pemerintah harus memperbaiki dulu sistem dan sarana serta prasarananya. "Sistemnya dikuatin dulu. Sebelum ini terpenuhi, mungkin sebaiknya vakasi sistem manual dulu seperti sebelumnya," tukasnya.

 

Sedangkan uji coba UN Online yang dipantau langsung Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di di SMA Negeri 1 Kota Tangerang masih ada sejumlah masalah yang terjadi.

 

"Tadi pagi sempat mengalami kegagalan, data yang kita kirim ke pusat tidak konek dengan server di pusat. Karena itu masih terus diuji coba, sistem ini kan baru untuk kita," katanya.

 

Di Kota Tangerang ada lima sekolah yang sudah siap menerapkan UN Online, diantaranya SMA Negeri 1, SMA Negeri 8, SMK Negeri 1, SMK Negeri 3 dan SMA Yuppentek Tangerang.

 

Arief menambahkan, pihaknya telah menyiapkan antisipasi dengan sistem manual jika sisten online mengalami kendala saat pelaksanaan pada tanggal 13, 14, 15 April 2015. "Tapi kita harapkan ini tidak terjadi. Karena akan jadi beban psikologis bagi siswa yang menikuti UN," paparnya.