TangerangNews.com

Cuma Bersih di Pusat Kota, Komunitas Pemuda Gelar Gerakan Pungut Sampah

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 4 November 2015 | 21:00 | Dibaca : 4235


Gerakan pungut sampah (tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANG-Komunitas AboutTNG menggalakkan “Gerakan Pungut Sampah” #TNGBersih dalam rangka ulang tahun AboutTNG. Kegiatan ini melibatkan beberapa komunitas, pemerintah dan masyarakat umum.

Reza, perwakilan dari Komunitas Ketimbang Ngemis Tangerang menjelaskan, wilayah Tangerang hanya bersih di pusat-pusat kotanya saja. Untuk wilayah yang jauh dari pusat kota sendiri, masih harus diperhatikan pengelolaan sampahnya.

“Tangerang ini bersih, tapi nggak semuanya bersih, dalam artian hanya pusat-pusat kota yang diperhatikan pemerintah. Untuk Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan dalam masalah sampah ini masih agak lepas dari perhatian pemerintah,” ucapnya Rabu (4/11).

Untuk itu, pihaknya menggelar Program #TNGbersih yang merupakan salah satu program terbaru dari AboutTNG, ditujukan agar Tangerang menjadi rumah bersama. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari Minggu pertama pada bulannya. Pihaknya pertama kali menggelar Kegiatan ini pada Minggu (1/11) lalu, di Pusat Pemerintah Kota Tangerang.

"Karena sampah adalah musuh kita bersama dan diharapkan terciptanya perubahan kultur dari yang biasanya cuek, biasanya buang sampah sembarangan, kultur yang biasa pasif menjadi aktif untuk mencintai kebersihan," jelasnya.

Dalam program ini lebih dari 50 orang yang berasal dari 10 komunitas yang menjadi community partners yaitu Earth Hour Tangerang, Hilo Green Community Tangerang, Tangerang Vidgram, Faktabahasa Tangerang, Ketimbang Ngemis Tangerang, Manjaddawajada Tangerang, Tangerang Clean Action, Kelompok Anak Penggiat Alam Tangerang, Young On Top Tangerang, Eco Bussines Indonesia.

"Semoga kedepannya akan lebih banyak komunitas yang ikut serta, juga masyarakat umum untuk turun langsung menyusuri jalan," Ucap Reza.

Tak hanya bersama-sama memungut sampah, dalam kegiatan ini beberapa komunitas bersama TNGers juga sempat berdiskusi tentang permasalahan sampah di Tangerang (Kota/Kabupaten/Selatan). Diskusi ini membahas bagaimana dan apa solusi yang akan dilakukan terhadap masalah utama kebersihan yaitu sampah.