TangerangNews.com

Ini Dia Strategi LG Tumbangkan Samsung

EYD | Sabtu, 16 Januari 2016 | 06:49 | Dibaca : 1707


Andalan Baru LG untuk kalahkan Samsung (istimewa / tangerangnews)


TANGERANG – LG harus mengakui keunggulan Samsung, meski berasal dari satu negara dan sama-sama dikenal sebagai perusahaan elektronik, khususnya jika berbicara industri smartphone.

Sejak BlackBerry dan Nokia turun tahta, Samsung sukses menempati status sebagai raja ponsel dunia. Termasuk di segmen premium dengan seri Galaxy S dan Note.

Namun, pada tahun ini, ceritanya mungkin agak sedikit berbeda. LG, yang merupakan saudara sekampung Samsung, diyakini bakal lebih agresif melawan di kelas ponsel kelas atas.

Nama G5 santer diberitakan jadi senjata LG melawan dominasi Samsung di kasta smartphone Android premium. Samsung sejatinya sudah mempunyai produk andalan, seperti Galaxy S7, yang disebut-sebut bakal dirilis pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol, pada akhir Februari mendatang.

LG pun dilaporkan bakal memanfaatkan hegemoni MWC 2016 sebagai panggung bagi ponsel terkuatnya, G5. Namun, tahun ini mereka sepertinya bakal mencuri start lebih awal. Mereka akan show terlebih dahulu saat menggelar acara pada 21 Februari atau sebelum MWC 2016 resmi dibuka.

Diharapkan dengan tampil lebih awal tersebut, LG G5 mendapat perhatian lebih dari para stakeholder industri teknologi. Sebab, vendor lain biasanya menunggu hari H atau H-1 MWC untuk meluncurkan produk terbarunya.

“LG kali ini tak akan lagi berada di belakang Samsung,” sebut GSM Arena, mengomentari langkah LG tersebut. “Tahun ini akan berbeda, LG Electronics sudah siap untuk mengalahkan Samsung," timpal salah seorang eksekutif LG yang diwawancarai Korean Times.

LG G5 sendiri diisukan bakal diperkuat dengan spesifikasi layar 5,3 inch, kamera utama resolusi 16 megapixel dengan dua lensa, kamera depan 8 megapixel, sensor sidik jari, dibekali prosesor Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530, RAM 3 GB, serta kapasitas penyimpanan internal 32 GB dan baterai 3.400 mAh.

Isu menarik lainnya adalah soal kemungkinan munculnya desain nyentrik yang akan dibawa LG pada G5. Dilansir Cnet Korea, desain tak biasa itu akan menampilkan baterai G5 yang bisa dicopot hanya dengan mencabutnya dari bagian bawah ponsel.

Untuk menggambarkannya, beredar gambar render mengenai cara mencopot baterai dengan fitur baru tersebut. Tampak bagian bawah ponsel bisa dilepaskan, dan baterai smartphone akan keluar dari slot tersebut.

Jika benar, maka desain seperti ini akan memudahkan pengguna saat mencabut baterai. Mereka pun bisa menjadi pelopor mengusung desain radikal semacam itu. Sebelumnya, LG disebut-sebut memiliki fitur unik bernama Magic Slot. Slot ajaib ini kabarnya akan membuat penggunanya bisa menambah kemampuan ponsel di sektor hardware. Contohnya, pengguna bisa membuat kamera belakang G5 punya kemampuan merekam foto 360 derajat, ataupun menambahkan keyboard QWERTY fisik ke G5.