TangerangNews.com

Pesawat Lion Air Mesinnya Kemasukan Benda Asing

Denny Bagus Irawan | Senin, 11 April 2016 | 14:00 | Dibaca : 5612


Direktur Operasional Lion Air Daniel Putut Kuncoro Adi (Dira Derby / Tangerangnews)


 

TANGERANG-Pesawat Lion Air JT692 jurusan Tangerang - Surabaya terpaksa delay di Bandara Soekarno-Hatta akibat mesin pesawat kemasukan benda asing, Senin (11/4). Pesawat yang semestinya lepas landas sekitar pukul 09.10 WIB itu pun menjadi delay.  Direktur Operasional dan Teknik Lion Air, Daniel Putut ketika dikonfirmasi menjelaskan, pesawat tersebut mengalami foreign object damage (FOD), atau gangguan akibat masuknya benda asing di bagian mesin.

 

"Detailnya belum, kami masih periksa, " kata Daniel.

 

Pesawat Lion Air JT 692 tersebut belum sempat lepas landas. Sehingga, dia membantah, jika pesawat sudah melakukan  RTB (Return To Base). “Tetapi RTA (Return To Apron). Pesawatnya sudah bergerak, karena ada benda asik terpaksa kembali ke hangar, " kata Daniel.

 

Sementara itu, para penumpang pesawat JT 692 akhirnya dipindah ke pesawat pengganti, dan lepas landas sekitar pukul 11.30 WIB.  Walau demikian, insiden ini sempat membuat sejumlah penumpang kesal. "Mustinya udah berangkat dari jam 09.00,malah jadi ketahan lama banget. Katanya karena ada plastik masuk ke baling-baling mesin," kata Yusuf, salah satu penumpang JT 692 via telepon.

 

Daniel juga mengatakan pihaknya akan meminta penjelasan dari pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten." Kami sedang meminta penjelasan AP II terkait adanya plastik yang terbang dan masuk ke mesin Senin 11 April 2016.
Hanya saja Daniel tidak menjelaskan secara spesifik jenis dan ukuran plastik yang masuk ke dalam mesin pesawat Lion Air tujuan Cengkareng - Surabaya tersebut.

“Karena atas masalah itu pilot terpaksa membatalkan penerbangan,” katanya.